Pakai Excel 2007 ke atas, coba fitur Remove Duplicate.
Pakai Excel versi berapa aja bisa pakai Advaanced Filter centang unique
record move to another place.

Bahasa data universal adalah SQL dengan kalimat query.
Dengan query, bisa diambil data uniqque selalu untuk date tertentu dsb.
Sebelum Anda selesai membuka tabel di Access, Excel sudah selesai merefresh
data.
Biasanya data Access sampai ratusan ribu bisa di refresh dalam 2 atau 3 detik
kurang dibanding copas data tersebut secara langsung, pada komputer yang
sama. Dilakukan tanpa membuka Access, cukup tekan tombol di Excel jika
ingin dinamis atau cukup tekan refresh data jika di access sudah disediakan
sebuah query yang pasti unique dan siap pakai.

2012/10/19 Heru Safrudin <superhe...@gmail.com>

> Maaf kalo pertanyaan kurang jelas. Untuk pertanyaan No. 2 maksud saya
> begini :
> misal setiap hari saya update data yaitu Add data harian katakanlah 100
> record dari excel ke Ms. Access. Nah supaya data tidak doble/duplicate
> maka perlu prosedur cek apakah data udah ada di database, hanya yg belum
> ada di database aja yang di Add
>
> Kalo pake query kayaknya terlalu lama, karena data yg dibaca di database
> Access jumlahnya ribuan
>
> Demikian Mr, atas semua atensinya disampaikan terima kasih

Kirim email ke