  From: Mr. Kid
  To: belajar-excel@yahoogroups.com
  Sent: Friday, October 19, 2012 10:54 AM
  Subject: Re: [belajar-excel] Mendeteksi keystroke di lembar kerja

  Tidak bisa Pak,

  Langkah pertama adalah bisa membuat koneksi ke ms access melalui fitur Get
External Data (xl2007 ke atas) atau Import Data (xl2003).
  Coba lihat-lihat kesini.

  Kemudian, setelah bisa membuat sebuah koneksi ke database ms access tersebut,
maka pelajari juga cara mengubah querynya.
  Jika pengubahan query ingin diotomasi, hingga inputan di cell tertentu dan
tertenta menjadi batasan data yang harus diambil, maka harus tahu cara mengubah
query dengan macro. Caranya dengan rekam macro seperti posting yang lalu :
nama_kolomnya = 'nilai teks dicari'
wherenya bisa mengambil nilai dari sebuah cell

  Ribet ya ?
  coba dulu saja. siapa tahu ribetnya sepadan dengan mangpangatnya atau malah
mangpangatnya yang terlalu banyak jadi terasa gak ribet.   :)