Pak Him (iki Pak apa Bu seh...)

Aplikasi Excel punya opsi tentang menentukan jumlah sheet bawaan saat suatu
workbook dibuat. Properti milik aplikasi ini bernama sheetsinneworkbook
Nah, paling mudah adalah mengaturnya supaya hanya berjumlah 1 dulu sebelum
buat workbook baru.
application.sheetsinneworkbook

(ingat, jika ingin mengembalikan nilai properti pada setting yang digunakan
user, sebelum proses harus dilakukan penyimpanan nilai properti yang diset
user ke sebuah variabel [seperti lvisstate gitu deh, tapi untuk properti
sheetinnewworkbook ini)

lalu proses buat workbook dan copy sheetnya selalu menggunakan secara
konstan after atau before alias gak gonta ganti.
dan pada akhirnya, 1 sheet bawaan saat buat workbook tadi akan jelas
posisinya.
indeks 1 adalah sheet bawaan dan bisa dihapus :
wbkT.sheets(1).delete
indeks terakhir adalah sheet bawaan dan bisa dihapus :
wbkt.sheets(  wbkt.sheets.count ).delete

(bila perlu, turn off cerewetnya excel yang tanya macem-macem dengan atur
nilai properti displayalerts jadi false. Dan balikkan lagi ke true jika
sudah selesai proses.)

Akhir proses, bila perlu kembalikan nilai properti sheetsinnewworkbook ke
nilai settingan user yang disimpan di suatu variabel tadi. itupun kalau
pake disimpan dulu di atas sana tadi.

Gitu kali ya...
Moga-moga rada jelas ocehannya.