Makasih respon positifnya, Pak MrKid.

sedikit banyak saya bisa faham maksud dari saran bpk.  fitur pivot tabel bisa
digunakan untuk meletakkan data tsb pada posisinya dgn akurat dan mudah.  Pun
msh segar di ingatan saya bbrp wkt lalu pak kid mengajarkan ilmu PivotCache yg
irit memory :)

Namun demikian, untuk kasus ini sepertinya penggunaan pivottabel agak kurang
pas.  Data mmg bisa dimasukkan dengan cermat, tapi itu berarti setiap saat
tabel data tsb harus "terganggu".  sbnrnya ini salah saya sendiri sih, tidak
cukup jelas dalam menguraikan masalah/pertanyaan.

dalam kasus nyata yg saya hadapi, Tabel B (Penampung Hasil Data Inputan)
sbnrnya adalah mmg "Benar-benar Tabel Raw Data".  Jadi data yang akan diinput
itu sifatnya utk meng-update.

izinkan saya 'curhat', maaf kalo membosankan hehe..

berkali-kali saya teringat tulisan pak MrKid tentang "Perlunya membangun tabel
data yang baik", yang secara implisit saya terjemahkan bhw sebaiknya pola
pengisian tabel mengarah "ke bawah".  Namun dalam kasus saya, sepertinya cara
yg paling efisien pola pengisiannya justu mengarah "ke bawah dan ke samping".
Jika ada record baru, maka dicatat arah ke bawah.  namun jika ingin meng-update
data record yang telah exist, maka dilakukan ke arah samping.
nah, pertanyaan saya ini adalah untuk mengupdate data. Jadi, jika angka
offsetnya 3, itu berarti sel pertama dan kedua sudah berisi data, sehingga
updating saat ini ditujukan ke sel ketiga.  selama ini hal tsb saya lakukan
secara manual, dan terasa sangat rumit karena recordnya ada ribuan baris.
Seandainya proses updating itu bisa dilakukan sekaligus, oh alangkah indahnya
hehe. tinggal memfilter tabel data untuk memilih semua record yang akan
diupdate, lalu mengetik update-annya di sebuah tabel bantu (katakanlah di sheet
temporary seperti yang prnh bpk ajarkan), lalu mengirim kembali data terupdate
itu ke dalam raw tabel.

semoga pak MrKid dan para pakar berkenan memberi pencerahan bagaimana caranya.
terima kasih sebelumnya

Wassalam
Sinurat

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:

> Pak Imam,
>
> ini omongannya orang yang ndak mudengan loh ya, jadi jangan terlalu dipikir
> serius
>
> Bagaimana kalau
> 1. input seperti sheet input range A7 sampai D sekiun
> 2. disimpan di sheet data pada baris kosong pertama yang ada, yang tabelnya
> persis seperti input tadi
> 3. beri nama range di sheet data termasuk headernya (misal diberi nama yang
> tetap berbunyi _myData_
> 4. dibuat sheet output dan sheet tersebut diisi pivot table untuk
> [...]

Kirim email ke