DEAR ALL,,

terimakasih kepada semuanya atas penjelasannya,, file tersebut sudah menjadi
tambahan ilmu tersendiri bagi saya. untuk case yang saya ajukan, akhirnya
saya mendapatkan solusinya dengan sedikit manipulasi. akhirnya macronya saya
tulis seperti ini :

'Sub Filteruse()
'Dim yrange
'yrange = "=*" & Worksheets("DATA").Range("c3").Value &
Worksheets("DATA").Range("d3").Value
    'ActiveSheet.Range("A:L").AutoFilter field:=6, Criteria1:=yrange
'End Sub

dimana range("d3") itu berisi nilai (*)...

sekali lagi, saya berterimakasih kepada mas hendrik dan mas opik.

regrads,
Kurniawan