Hai Novyanto,

Formula IFError( blbla , "" )
Cell berformula pastilah tidak blank. "" dalam formula akan menghasilkan
NULLSTRING (tipe data text).

Untungnya, proses lengkap kasus ini adalah akan copas value skip blank.
Artinya, nilai yang sudah ada di lokasi paste akan tetap digunakan jika
nilai barunya adalah "" (atau terjadi error akibat "" dalam formula)

Jadi, sepertinya bisa begini :
ada ""), diganti dengan formula lookup (bisa pakai vLookUp, hLookUp,
LookUp, Index Match, Offset Match, dsb) untuk mengambil nilai dari lokasi
paste.

baru hasil formula blabla dan jika tidak ada di sumber baru, akan diisi
dari sumber lama yang sudah masuk ke area paste data.

Data baru
1      1000
2
3       3000

Data hasil paste terdahulu :
1      500
2      750
3      100

Andai data baru di copy ke hasil paste harusnya jadi :
1      1000
2       750
3       3000

artinya, di data baru, kolom ke-2 harus sudah menghasilkan nilai-nilai
1000
750
3000

jika kolom ke-2 data baru didapat dari formula vlookup_ke_sumber_baru
maka formula di kolom ke-2 data baru bisa berupa :

IFError( vlookup_ke_sumber_baru , vLookUp_ke_hasil_paste_terdahulu )

Demikianlah gunanya mengganti semua "" dalam formula dengan bunyi formula
untuk mengambil nilai dari hasil paste terdahulu

<belajar-excel@yahoogroups.com>:

> [...]
>
> Bantuannya ya,
> Saya buat rumus :
> Misal
> =iferror(bla-bla ; "")
> Nah jika error kan akan terlihat spt kosong (tdk ada data)
> Masalah akan timbul, jika saya mau "copy value-skip blank" untuk menimpa
> suatu range yang ada datanya, maka hasilnya akan tertimpa seluruhnya, jadi
> yg nampak seperti ""(blank) tersbut dianggap ada data.
>
> Mohon bantuan, agar data yg nampak "", itu tadi benar benar blank/tidak
> ada data, sehingga saat saya copas value skip blank, data yg blank akan di

  • [belajar-e... 'Yan Novianto' yan.novia...@yahoo.com [belajar-excel]
    • Re: [... egidia seftyanaputri egidia.s.pu...@gmail.com [belajar-excel]
    • Re: [... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
      • B... 'yan.novia...@yahoo.com' yan.novia...@yahoo.com [belajar-excel]