Hai Haris,

File terlampir adalah contoh pemanfaatan pivot table.
Pivot table sangat tergantung kepada struktur dan kekayaan informasi
sumbernya.

Contoh : sumber pivot table yang disusun seperti di bawah ini
item       Jan-2011      Feb-2011        Mar-2011
a             1000                                   2000
b                                  500                 700
c                                  900

kalah kaya informasi dibanding susunan sumber pivot table yang di bawah ini
:
item     tgl_transaksi
a          2011-01-01
b          2011-02-05