--- Pada Jum, 13/2/09, bobysuprijadi <bobysuprij...@yahoo.com> menulis:
Dari: bobysuprijadi <bobysuprij...@yahoo.com>
Topik: [Bicara] Re: Adakah yang bisa memberikan saran kepada Pak Joni?
Kepada: bicara@yahoogroups.com
Tanggal: Jumat, 13 Februari, 2009, 11:14 AM

            Komentar dikit.

Menghadapi sebuah masalah didalam kantor tentunya sangat sulit karena

ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya masalah terutama

kedisiplinan.

Untuk itu sebuah permasalahan yang timbul dalam kantor hendaknya di

pelajari secara seksama dengan tujuan untuk mengetahui apa

penyebabnya. Aturan yang membatasi agar karyawan tetap disiplin kerap

menjadi tidak berguna karena aturan tsb hanya mengobati gejala

penyakitnya tapi tidak mengobati penyebab penyakitnya. Disini P Joni

dituntut untuk lebih bijaksana dalam menangani masalahnya, tidak boleh

berpikiran bahwa setiap karyawan yang bolos atau disiplin adalah

karyawan yang "tidak baik". Pelanggaran terhadap peraturan perusahaan

kerap dilakukan oleh karyawan dikarenakan oleh desakan desakan yang

dihadapi oleh karyawan, baik desakan ekonomi atau problem keluarga.

Jika dipaksakan juga aturan mengenai kedisiplinan tanpa mau tau apa

penyebab karyawan tidak disiplin akan berakibat tingginya turn over

karyawan, hal ini berdampak tidak baik bagi perkembangan perusahaan.

Jadi sebaiknya dipelajari dulu penyebab timbulnya masalah dan bagi

pimpinan harus mempunyai sikap yang bersahabat kepada karyawan atau

bawahan, jangan menganggap karyawan adalah bawahan kita tapi karyawan

adalah mitra kerja kita. Hubungan Pimpinan dan staff harus dibentuk

menjadi hubungan kerja atau mitra bukan hubungan antara pimpinan dan

staff, sehingga dengan adanya hubungan ini staff akan lebih menghargai

dan mudah untuk diajak berdiskusi. Diskusi diskusi yang dilakukan

nantinya akan memperlihatkan apa kebutuhan kebutuhan karyawan, apa

yang perlu dan apa yang tidak perlu, dari disini dpt dimulai membuat

aturan perusahaan dan yang pasti dapat dilaksanakan karena sudah

mengakomodir apa yang menjadi keingian bersama antara pimpinan dan

karyawannya. Demikian

salam boby

--- In bic...@yahoogroups. com, Daniel Kurniawan <kata_ajaib@ ...> wrote:

> Joni, seorang direktur perusahaan swasta. Beberapa bulan merasa

> binggung, gelisah, dan gundah gulana. Sudah berbagai cara dia tempuh

> untuk menegakkan disiplin bagi anak buahnya. Terutama masalah absensi

> yang sering bolong. Dia sudah meminta bantuan seorang konsultan

> profesional. Tapi tetap tidak ada hasilnya. Dia pun sudah mengikut

> segala macam training. Baik yang bergaya lembut dan keras. Semuanya

> sia-sia saja. Dia merasa capek.

> Adakah yang dapat memberikan saran kepada Pak Joni?

> Daniel Kurniawan

> [Trainer & Motivator]

> [...]

Gratis.http: //downloads. yahoo.com/ id/firefox

Dapatkan alamat Email baru Anda!