Hai..hai...:)

seperti yang saya bilang tadi di telepon. beberapa musisi (bukan cuma di
Indonesia) merasa sangat kewalahan menghadapi gencarnya revolusi musik
digital yang ditandai dengan gampangnya orang mengkopi berbagai materi
musik. kemudahan ini (atau tepatnya praktek pembajakan ini) menandai
jatuhnya era musik analog. hasil penjualan album di Indonesia menurun
drastis dibandingkan penjualan album sebelum tahun 2000.

menurut data ASIRI yang dilansir koran KOMPAS tanggal 7 Desember 2008,
jumlah penjualan album tahun 2008 hanya berkisar di angka 11 juta,
bandingkan dengan angka penjualan album tahun 1997 yang berjumlah 90 jt
keping. jauh kan..?
salah satu penyebabnya (bahkan penyebab utamanya) adalah revolusi musik
digital itu tadi.

nah, untuk menghadapi serangan revolusi musik digital yang dirasa makin tak
bersahabat dengan para musisi tersebut, beberapa musisi mengambil langkah
"damai" dengan mencoba mengakrabinya, bukan malah memusuhi. salah satu
langkahnya adalah bekerja sama dengan situs web yang bersedia membeli satu
singel mereka yang akan dibagikan sebagai bahan review buat para penggemar.
ini jelas simalakama, ya kalau si penggemar (atau pengunduh) berminat trus
mau membeli album komplitnya, kalau tidak ?.

tapi sebagian musisi berpikir sudah kepalang basah. daripada tidak laku sama
sekali, lebih baik laku sedikit asal balik modal atau hampir balik modal.
keuntungan lainnya, kalau musik mereka banyak diunduh dan dibagi gratis oleh
orang, maka popularitas bisa diraih. kalau sudah populer maka rejeki
sampingan (dalam bentuk panggilan show atau kontrak dengan provider selular
untuk ring back tone) akan mengalir. jadi singkatnya para musisi sudah tidak
terlalu berharap lagi pada penjualan album, kecuali beberapa musisi yang
memang punya fan base yang kuat.

untuk skala internasional saya bisa memberi contoh band kesayangan saya :
Pearl Jam. mereka membolehkan fansnya untuk mengunduh dan mendistribusikan
secara gratis rekaman-rekaman konser mereka. betul2 gratis..!!. tapi khusus
untuk album studio, karena mereka terikat kontrak dengan label, maka tetap
saja mereka menyarankan para fans untuk beli yang original. ini salah satu
bentuk kompromi mereka dengan revolusi industri musik yang semakin tidak
tertahankan di awal dasawarsa ini. dengan distribusi gratis tersebut, Pearl
Jam menanamkan kesetiaan pada para fansnya. akhirnya sebagian besar fans
memang selalu berusaha membeli rekaman asli mereka (meski tentu saja masih
ada yang suka cari yang gratisan-kek saya, hehehe..). terus dasarnya mereka
memang tidak mau cari hidup di album, melainkan di live concert..

untuk kasus Tempo, saya kira kita butuh penjelasan dari mereka. betulkah
link website yang mereka berikan itu tidak termasuk dalam kategori pembajak
?, betulkah para artis/musisi yang lagu2 mereka dimuat di website
bersangkutan tidak protes ?. ini saya kira yang perlu diklarifikasi oleh
pihak Tempo.

pfuihhhh...panjangnya di ?, masih mood ka belah...kek kemarin..:)

trus satu lagi..thank you DR..saya sekarang memang sedang menyusun tulisan
tentang revolusi musik digital. imelta ini bisa menambah bahan tulisanku...

thank you..

--
-----
"Keep on Bloggin' in a free world..!!!"