Gini win, itu harusnya ditanyakan ke Kementerian Perindustrian. Jargon produk
lokal itu dihitung dari yang namanya TKDN atau tingkat komponen dalam negeri.

Menurut info yang saya tahu, TKDN diatas 25% (CMIIW) sudah dianggap produk
lokal atau buatan Indonesia. Jadi tidak berarti kalimat produksi buatan
Indonesia atau produk lokal itu semuanya dibuat disini :)

Kecuali kalau ada icon 100% Indonesia, nah itu baru semuanya dari Indonesia,
termasuk bahan bakunya.

---
Best Regards

Khalid Mustafa