Teman2,

Saya juga dari sumut (binjai tepatnya). Untuk generasi sekarang, saya lihat
memang tionghoa medan (sumut) masih ada (walau tidak semua) yang enggan
berbaur dengan suku lain. Dibandingkan dengan tionghoa jkt (jawa) dimana
para generasi muda-nya kebanyakan malah sudah tidak dapat berbahasa hokkien
lagi (atau bahasa ibu lainnya).

Ini memang merupakan salah satu petunjuk bahwa pembauran tionghoa di jawa
lebih cepat dari daerah sumut. (saya tidak begitu jelas dengan daerah lain,
mungkin ada rekan yang bisa menambahkan).

Namun, dari sisi lain, saya sependapat dengan bung Lim Wiss, masih ada rekan
pribumi yang menganggap tionghoa adalah object yang dapat dan harus diperas.
Bukan rahasia lagi kalau kaum tionghoa hendak mengurus sesuatu mulai dari
KTP, SIM, paspor, segala surat selalu harus mengeluarkan biaya yang jauh
lebih besar dari biaya resmi!

Belum lagi pungutan dengan dalih uang keamanan, dll yang jumlahnya tidak
sedikit. Hal-hal semacam ini tentu dapat menjadi pemicu ketidakserasiaan
dalam hubungan ras.

Kedepan, mudah-mudahan hal-hal tersebut pelan2 dapat dieliminir.
Masing-masing pribadi kita harus menyadari bahwa kita adalah orang Indonesia
sekarang. Semoga.

Salam,
Min Hui

href="http://us.ard.yahoo.com/SIG=12h0n024s/M=362343.6886681.7839642.3022212/D=groups/S=1705329729:TM/Y=YAHOO/EXP=1123047235/A=2894352/R=0/SIG=11fdoufgv/*http://www.globalgiving.com/cb/cidi/tsun.html";>Help
 tsunami villages rebuild at GlobalGiving. The real work starts now</a>.</font>