Ikut nimbrung sedikit,
Kong adalah guang dari propinsi Guangdong, sedang hu
adalah fu yang bisa berarti: 1.ibukota, 2. keluarga
atau 3. keresidenan (wilayah di bawah propinsi di atas
kabupaten), sekarang disebut diqu atau diqushi,
misalnya Guangzhou Shi adalah sebuah diqishi (kota
setingkat keresidenan). Ini adalah asal sebutan bagi
orang Konghu.
Orang barat ketika datang menyebut Guangdong menjadi
Kanton, peleseetan dari bunya Guangdong. Karena
kegiatan mereka berpusat di Guangzhou, ibukota
propinsi Guangdong, maka Kanton yang seharusnya
berarti Guangdong menjadi Guangzhou.

Berbeda dengan Amoy, Amoy adalah dialek Hokkian yang
dibaca Emui, dalam bahasa Inggeris A dibaca E, dan Mui
mendekati Moy , jadi Amoy adalah Emui dalam ejaan
Inggeris. Tapi orang belakangan terutama ditempat yang
tidak berbicara bahasa Inggeris, membacanya seperti
bahasa Indonesia a dan moy.
Catatan: Emui dalam logat Xiamen dan Quanzhou adalah
Emng. Emui adalah logat Zhangzhou. Logat Zhangzhou
pernah jadi standar dialek Hokkian, meskipun kemudian
diambil alih Xiamen, setelah Xiamen menjadi pusat
perdagangan menggantikan Quanzhou dan Zhangzhou.

Salam
LU

--- King Hian <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Lim:
> Konghu .. mungkin sebutan dari lidah orang
> Hokkian/Tiochiu
> Kongfu.. subutan dari lidah orang Khek/Hakka
>

> KH:
> Konghu adalah sebutan orang Hokkian dan Tiociu
> Orang Hakka dari Moiyan (Meixian) menyebutnya
> menjadi Kuongfu
> Orang Hakka dari Bangka, Singkawang, Taiwan
> menyebutnya Kongfu
> RJ:
> "Konghu" memang adalah istilah umum di kalangan
> Tionghoa Indonesia untuk menyebut orang yang asalnya
> [...]
http://mail.yahoo.com

href="http://us.ard.yahoo.com/SIG=12h6d7dii/M=362329.6886307.7839373.3022212/D=groups/S=1705329729:TM/Y=YAHOO/EXP=1123833689/A=2894324/R=0/SIG=11hia266k/*http://www.youthnoise.com/page.php?page_id=1998";>1.2
 million kids a year are victims of human trafficking. Stop slavery</a>.</font>