Segenap rekan-rekan milis yang sedang membahas 'PERLU TIDAKNYA KITA
MEMPELAJARI SEJARAH KEBUDAYAAN TIONGHOA' yth:
Mohon maaf saya ikut nimbrung ngasih komentar soal yang satu ini.
Sebagai orang yang berdarah Tionghoa saya kira sebaiknya kita perlu
tahu sedikit banyak sejarah budaya bangsa kita sendiri, selain sejarah
budaya Indonesia tentunya. Sebagaimana juga orang Jawa perlu tahu
sejarah budaya Jawa.
Namun, apa yang rekan-rekan maksudkan dengan budaya Tionghoa di sini?
Apakah itu budaya Tionghoa yang ada di Tiongkok sana, ataukah
kebudayaan hasil inkulturasi antara budaya yang dibawa nenek moyang
kita ke Nusantara dengan budaya lokal?
Kiranya kenyataan sebuah budaya diaspora Tionghoa Indonesia pernah
berkembang dan memberi sumbangsih pada khasanah budaya Indonesia sudah
terlalu lama ditutup-tutupi dan disangkal selama ini.
Dalam bidang sastra pernah berkembang yang namanya sastra Melayu
Tionghoa dengan tokoh-tokoh seperti Kwee Tek Hoay, Noe Ju lan dll.
Demikian pula ragam busana kita mengenal kebaya Encim yang sangat khas
ketionghoaannya. Belum lagi penganan semisal kue Mangkok, bacang dll.
Semua itu adalah kekayaan budaya Tionghoa Indonesia yang harus
diperjuangkan pengakuannya sebagai salah satu bagian dari budaya
bangsa Indonesia! Kenapa kita-kita malah lupa dengan semua itu?
Rekan saya, David Kwa Kianhauw adalah orang yang pernah menghabiskan
waktu bertahun-tahun menggali khasanah budaya Tionghoa Indoensia yang
selam terpendam itu. Kalau tak salah ia juga anggota milis ini??
Seharusnya David bisa memberi banyak masukan perihal yang satu ini!!

Salam,

Erik

DonorsChoose.org helps at-risk students succeed. Fund a student project today!
http://us.click.yahoo.com/LeSULA/FpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM