--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Arifin Tanzil
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Teman-teman yang baik,
>
>   Bagaimana kita dapat memahami/ mengerti tradisi,adat
istiadat,kebiasaan,pola pikir, pandangan dan aspek2 budaya tionghua
lainnya, jika kita tidak (MAU/BERANI) mengetahui dan mempelajari
filsafat-filsafat yg berkembang,hidup dan terutama filsafat2 yang
dominan mempengaruhi perjalanan panjang kebudayaan tionghoa ???.

>   Terkait dengan hal tersebut diatas, menurut perasaan saya, apa
yang dilakukan Sdr. Hendri Irawan dgn postingannya mengenai Lun Yu
sehari-hari ke BT sangat relevan.

>   Kekhawatiran sebagian teman2 dapat dihilangkan, bila moderator
cukup mampu membedakan mana postingan yg berhubungan mana yg
postingannya mirip-mirip infiltrasi.

>   Coba kita bandingkan postingan Lun Yu sehari-hari dgn posting
Sdr. Jonathan Goeij tgl 22/12=Selamat Hari Natal.  Menurut teman2
postingan mana yg relevan dan postingan mana yg 'perlu
dipertimbangkan untuk tidak dimuat' ?
mohon pertimbangan para moderator untuk hal ini.
makasih.
Saya mendukung pendapat Arifin Heng ini.
Rekan-rekan yang tidak setuju adanya posting Lun Yu di milis ini
mungkin perlu membaca kembali pengantar milis yang jauh-jauh hari
sudah diwanti oleh para moderator.
Salah satu kalimat (di bagian akhir) pengantar itu berbunyi:
Milis ini bukan milik suatu golongan, terlebih-lebih aliran politik
apapun. Namun bila ada banyak topik mengenai Tri-Dharma, harap
maklum sebab kebudayaan Tionghoa selama ribuan tahun memang
dipengaruhi oleh 3 filsafat ini. Selamat berdiskusi.

Jelas sekali bukan!? Yang dimaksud Tri Dharma oleh para moderator
itu adalah Buddhisme, Taoisme dan Konfusianisme.
Lun Yu adalah bagian ajaran Konfusianisme, jadi saya kira masih
relevan dan tidaklah keliru kalau dipostingkan di sini.

Demikian pendapat saya. Mohon dikoreksi bila saya salah.
(Saya heran, kenapa Rinto Heng yang adalah salah satu moderator bisa
jadi ikut-ikutan tidak setuju dengan postingan Lun Yu??)

Salam,

Erik

Clean water saves lives.  Help make water safe for our children.
http://us.click.yahoo.com/YNG3nB/VREMAA/E2hLAA/BRUplB/TM