Ini spekulasi saya saja tentang suasana serem yang tipikal di klenteng.

Klenteng khan sudah eksis lama sekali sebelum orang tahu listrik. Di
jaman sebelum ada listrik itu, tentu saja orang-orang sana menggunakan
lilin buat penerangan. Fungsi lilin ini pertama-tama sekali yach tentu
saja untuk penerangan. Tapi kemudian orang pun sadar bahwa lilin biasa
itu baunya nggak enak, sehingga mereka pun meramu bahan lilin supaya
jika terbakar baunya itu jadi harum. Situasi ini bertahan lama sekali,
paling tidak cukup lama untuk terekam ke dalam memori kita.

Di sisi lain, otak kita pun katanya juga paling sensitif serta ingat
terhadap bau meski secara rasional kita yach sering tidak sadar bahwa
perilaku kita itu sebetulnya dipengaruhi oleh bau-bauan atau aroma
tertentu itu. Gara-gara cuman membaui makanan saja kita bisa ngiler;
membaui parfum tertentu kita ingat pacar kita yang ini atau itu;
sementara membaui aroma tertentu bisa langsung memicu memori kita ke
masa kecil atau pun ke waktu-waktu tertentu yang spesifik. Sensitivitas
otak terhadap bau-bauan aroma ini saya yakin jelas-jelas merupakan salah
satu peninggalan terpenting nenek moyang species kita dari jaman berburu
dalam urutan evolusi kita.

So, memori kita secara umum terhadap klenteng pun jadi secara spesifik
ingat terhadap bau-bauan yang keluar lilin maupun kemenyan di sana.
Padahal, bau itu pada awalnya hanyalah merupakan sesuatu yang secara
fungsional tidak direncanakan sama sekali. Bau-bauan itu pertama-tama
sekali hanyalah merupakan akibat sampingan dari kebutuhan yang nyata
akan penerangan. Persis kayak jaman kita juga, pake laptop atau PC pun
kita bisa main mp3, tapi jelas itu nggak cukup dan kita pun perlu iPod
yang portable. 'Design follows function' katanya, 'sekali function itu
sudah bisa dibereskan secara teknis'.

Akibatnya buat kita yang hidup di jaman listrik, klenteng pun jadi
kelihatan serem karena lilin yang sudah ketinggalan jaman itu pun masih
dipertahankan.  Kita tahu bahwa penerangan dari listrik bisa terang
benderang kayak di surga yang penuh cahaya; sementara penerangan dari
lilin cenderung suram remang-remang. Di jaman dulu orang tidak punya
perbandingan karena mereka pun tidak kenal listrik dan tahunya cuman
menggunakan lilin, sehingga kesan remang-remang serem pun yach tidak ada
sama sekali wong di mana-mana pun yach remang-remang. Tapi buat kita di
jaman ini yang punya kesadaran lain atas listrik, otomatis kita pun
punya perbandingan antara -- penerangan dengan listrik dan dengan lilin.
Dari perbandingan inilah terus keluar kesimpulan bahwa yang satu
cenderung serem remang-remang.

Tapi fungsi lilin di klenteng tradisional pun kelihatannya bakal
dipertahankan terus untuk fungsi yang berbeda. Pada awalnya sekali,
lilin dan segala aromanya itu betul-betul punya fungsi fisik yang
dibutuhkan -- yaitu untuk penerangan. Tapi sekarang, kalau pun klenteng
masih mempertahankan lilin plus aromanya itu, yach jelas fungsinya
adalah untuk memicu memori kita terhadap historisitas eksistensi
klenteng itu.

Urusan lilin-lilinan ini jadi menarik kalau mau dilihat di Kristen.
Melihatnya begini: Kristen khan punya ribuan sekte, nah..., ribuan sekte
ini bisa dipilah jadi dua: yang satu lahir setelah manusia kenal listrik
dan satunya lagi sebelum manusia kenal listrik. Perhatikan begitu maka
langsung kelihatan bahwa sekte-sekte yang sudah eksis dari jaman
pra-listrik pun jadi lebih kayak klenteng, gemar menggunakan lilin untuk
merekonstruksi memori mereka atas eksistensinya. Seperti gereja Katolik
misalnya, maka lilin pun bertebaran di mana-mana menimbulkan rasa ngeri
atas dominasi hantunya si Yesus yang mati penasaran di salib. Sementara
di antara sekte Kristen yang dari lahirnya sudah kenal listrik, maka
kebutuhan untuk merekonstruksi memori mereka dengan lilin pun jadi tidak
relevan. Sekte-sekte Kristen pasca-listrik ini tidak keberatan untuk
kumpul-kumpul di hotel atau pun di kuburan atau pun di klenteng -- wong
identitas kulturalnya praktis masih kosong melompong.

Anda suka klenik? Orang Indonesia khan gila klenik!? Nah, satu hal yang
menarik disimak ialah: kenapa dukun-dukun PERLU menggunakan menyan lilin
dan segala macam pernik-perniknya itu? Pilihan serta tindakan itu JELAS
rasional meski di permukaannya sendiri yach nyata-nyata klenik. So, apa
RASIONALITAS dibalik penggunaan alat-alat klenik itu? Kenapa para dukun
di mana saja (jowo bule voodoo) tidak menggunakan becak atau stetoskop
atau pun palu arit buat memanggil orang mati, tapi mereka selalu saja
butuh lilin atau obor, menyan serta segala macam aroma bunga-bungaan?
Film modern model 'Haunted House' pun nggak ketinggalan dari hal
beginian! Secara strategis mereka memilih idiom-idiom visual yang secara
nyata bisa digunakan untuk merekonstruksi situasi kematian.

'Tak pikir, sekali lagi ini pun 100% mneumonics. Kalau saya mau manggil
presiden, maka otomatis saya yach harus menyiapkan rumah saya agar bisa
cukup representatif dan presidensial agar si presiden mau datang. Maka
kalau saya mau manggil setan atau orang mati pun, logikanya yach persis
sama saja. Situasi 'rumah' saya pun yach perlu representatif buat si
setan untuk datang. Yang menarik tentu saja yach menelusuri persepsi
kita 'situasi setani atau orang mati' itu sendiri seperti apa. Karena
jawaban atas pertanyaan itulah yang kemudian menjadi dasar buat mereka
untuk merekonstruksi situasinya.

So, secara kolektif di mana saja, situasi itu mirip-mirip. Dukun di
Barat pun juga gemar sekali menggunakan menyan, lilin dan
keremang-remangan tertentu buat merekonstruksi situasi orang mati itu.
Dukun di Asia pun sama saja, lilin menyan kembang-kembangan semuanya
digunakan secara strategis untuk merayu orang mati agar datang.
Kesadaran kolektif ini sebetulnya kultur ataukah sisa-sisa memori yang
tertinggal dari evolusi species homo-sapiens ini? Kalau mau dibilang
kultur, kenapa koq gejalanya bisa cukup universal? Tapi kalau mau
dibilang evolutif, maka di sisi mana faktor evolusi itu main?

Well, ini spekulasi saya lagi. Pertama kali sekali perhatikan proses
penguburan di mana saja di dunia ini, maka secara aman kita bisa bahwa
penguburan itu rata-rata dilakukan waktu ada matahari, entah pagi atau
siang. Pilihan atas waktu penguburan ini jelas rasional, yaitu karena
matahari bisa memberi kita penerangan yang cukup dan dibutuhkan untuk
proses penguburan itu. Dari sini sekarang kita bikin aksioma ini 'ada
matahari = ada penguburan'. Tapi, konsekwensi dari aksioma itu ialah:
'kita eksis bersama si mayat waktu tidak ada matahari'! Waktu tidak ada
matahari, kita duduk nongkrongi si mayat menunggu datangnya matahari
untuk kemudian dia di kubur! Iya khan!?

Nah, dari sini saja kita bisa melihat rasionalitas fantasi umum atas
siklus hidupnya para vampire. Vampire dan para setan mana saja katanya
selalu ketakutan dengan matahari ... dan ternyata itu memang cukup
rasional! Mereka takut terhadap matahari karena matahari merupakan
simbolisasi dari proses penguburan! Bukankah tadi kita sudah
menyimpulkan bahwa 'ada matahari = ada penguburan'? Maka para vampire
dedemit setan yesus maria ... semuanya pun yach ketakutan sendiri
terhadap 'matahari'! Para setan ini semuanya takut dikubur, karena
sekali dikubur maka habislah semuanya setelah mereka masuk tanah.

So, para dukun selalu PERLU lilin atau paling tidak SITUASI malam hari,
karena secara universal itu memang merupakan momen-momen di mana kita
duduk nongkrongi si mayat menunggu matahari untuk kemudian mengubur si
mayat. Kenapa dukun juga perlu 'kembang' dan sebetulnya 'aroma' yang
wanginya sangit menusuk hidung?

Well, spekulasi saya lagi; yach karena mayat itu baunya minta ampun. Di
jaman dulu sekali, mayat mungkin tidak langsung dikubur karena alasan
apa saja; mungkin mereka pun juga cuman dibiarkan membusuk begitu saja
model orang Toraja, atau mungkin mereka menunggu waktu penguburan untuk
alasan apa saja. Yang pasti, mayat ini meninggalkan bau busuk dan
menyajikan 'problem' yang perlu diatas. Lantas, karena orang dulu tidak
kenal formalin dan segala macam jenisnya, maka mereka pun yach lantas
cuman menyirami si mayat dengan kembang-kembangan dengan tujuan agar
baunya itu berkurang.

So, siapa bilang bahwa yang klenik serem-serem dan irrasional itu TIDAK
PUNYA rasionalitas tertentu dibaliknya!

:)
JD