Kalau rumah toko di kota (pecinan) saya kira jarang memakai pola
sanheyuan atau siheyuan, soalnya keterbatasan ruang. Kalau saya lihat
pola ruko di pecinan Batavia di foto2 dokumentasi, rasanya mirip dengan
ruko2 zaman sekarang (dalam tata penggunaan ruang) karena bentuknya
umumnya persegi panjang, memanjang dari depan jalan ke belakang, cuma
bentuk arsitekturnya tak sama. Dan saya lihat sudah banyak yang
bertingkat 2, lain dengan sanheyuan dan siheyuan yang cuma 1 tingkat.

Mungkin banyak yang tidak tahu sanheyuan dan siheyuan yang dimaksud oleh
Bung Loek's.

Sanheyuan secara harfiah berarti rumah dengan 3 ruang + 1 halaman. 3
ruang mengelilingi halaman utama di tengah, mirip bujur sangkar kurang 1
sisi. Ini umumnya terdapat di Tiongkok selatan. Jadi, di tempat saya
tinggal, banyak sanheyuan namun di desa2. Di kota sudah jarang sekali ada.

Siheyuan adalah 4 ruang + 1 halaman. 4 ruang mengelilingi halaman utama
di tengah, mirip bujur sangkar tertutup. Ini umumnya terdapat di
Tiongkok utara, macam di Beijing, masih banyak sekali rumah tinggal
seperti ini di gang-gang pemukiman (hutong).

Ada 1 macam bentuk arsitektur Tiongkok yang lain, hanya ada di Hokkian
dan Guangdong, yaitu yuanlou (bangunan bundar) yang mengelilingi halaman
utama di tengah2. Ini macam benteng pertahanan, karena orang Hakka
mayoritas hidup di pegunungan Hokkian dan Guangdong. Karena sering
mendapat gangguan keamanan, maka dibangunlah yuanlou ini, 1 keluarga
besar pada dasarnya punya 1 yuanlou, 1 kamar untuk 1 keluarga kecil.
Yuanlou biasanya bertingkat2, dari 2 tingkat sampai 5 tingkat. Pintu
utama dilengkapi dengan sarana pertahanan, seperti saluran air pemadam
kebakaran untuk mencegah musuh menyerang dengan api dan lubang tempat
memanah. Yuanlou sampai sekarang masih banyak ditemukan di Hokkian dan
Guangdong.

Rinto Jiang