Yah, betul. Jepang pertama kali menyederhana penulisan karakter Hanzi
(kanji) secara besar2an. Namun tetap saja hanya sebagian kecil dari
komposisi karakter kanji yang digunakan di Jepang. Ini sudah lebih baik
daripada Korea yang mengabolisi karakter Hanja mereka dan
menggantikannya dengan karakter Hangul yang digunakan sekarang.

Terus, saya lupa menambahkan, Singapura juga punya karakter sederhana
versi mereka sendiri. Banyak orang yang selalu salah paham kalau
Singapura itu menggunakan karakter sederhana yang sama persis dengan
RRT. Kira2 ada 600-an karakter yang berbeda di antara versi sederhana
Singapura dan RRT.

Malaysia juga punya kebijakan menggunakan karakter sederhana, namun
versi mereka mengambil rujukan dari RRT sehingga sama persis dengan RRT.

Oh, ya, di Indonesia, saya lupa apakah menggunakan karakter sederhana
atau tradisional. Walaupun tidak ada wacana resmi tentang penggunaan
karakter tradisional atau sederhana di Indonesia (kebijakan pemerintah),
namun asumsi saya Harian Indonesia (Yin Du Ni Xi Ya Ri Bao) milik
pemerintah dan diterbitkan oleh TNI-AD yang berbahasa Mandarin yang
terbit di zaman Orba dapat dijadikan patokan kebijakan Indonesia. Apakah
ada yang ingat karakter yang digunakan Harian Indonesia tadi? Namun
terlepas dari penggunaan karakter sederhana atau tradisional di
Indonesia sekarang ini, ada tarik menarik antara koran berkarakter
tradisional dan sederhana di Indonesia, karena RRT meluaskan pengaruhnya
dengan menerbitkan media2 yang menjadi corong mereka di Indonesia
tentunya dengan karakter sederhana.

Rinto Jiang