Zhou cianpwee,

Saya kira moderator berupaya se-netral mungkin. Kalau mau ditelaah
lagi beberapa moderator juga memberikan pendapat di milis mengenai flg
dalam kapasitas pribadi. Dan karena memang flg kurang lebih
berhubungan dengan budaya tionghua, masalah flg relevan untuk dibahas.
Di milis ini udah berkali-kali masalah flg diperdebatkan dan ini
adalah refleksi di dunia nyata di mana flg memang menjadi sebuah
kontroversi. Dan mengenai kampanye terselubung, marilah kita
menyerahkan itu kepada pihak moderator yang berwenang.

Di dalam sejarah budaya tionghua, aliran-aliran kepercayaan selalu
timbul silih berganti, ada yang memberikan kontribusi positif, ada
juga yang negatif. Dulu ada bai lian jiao, tai ping tian guo, dan
sebagainya. Sekarang yang kontroversial adalah flg.

Mengenai flg, saya kira kita harus menghormati kebebasan berpendapat
dan kebebasan memilih para praktisi flg. NAMUN, praktisi flg juga
harus menghormati kebebasan orang lain dengan tidak memaksakan
agendanya kepada mereka-mereka yang jelas menolaknya. Juga kalau
dikatakan adanya rekayasa fakta, memang itulah yang terjadi di dunia
ini. Kedua belah pihak yang bertentangan pasti berusaha semaksimal
mungkin untuk memanipulasi fakta demi kepentingannya sendiri. Dan itu
harusnya masalah di zhongguo bukan di negeri kita !!! Saran saya
kepada praktisi flg agar tidak menghabiskan sumber daya untuk berupaya
menggalang dukungan dengan kampanye politik yang menyangkut negeri
antah berantah, lebih baik melakukan upaya yang memberikan kontribusi
positif bagi kehidupan rakyat negeri ini.

Terakhir demi menghormati kebebasan berpendapat kedua belah pihak,
bagaimana kalau pihak moderator melakukan polling untuk memastikan
bahwa postingan yang menyangkut flg apakah mau diteruskan dimuat di
milis ? Saya kira cara ini lebih beradab untuk mengakhiri polemik flg
yang terus berulang di milis ini.

Yongde