Salam kenal, saya jadi pengin tahu, kalau misalnya ada seorang yang harus
bertanggungjawab atas "pemaksaan" nama Indonesia ini, siapakah beliau ?
$$$oeharto-kah ?

Best,

Richard

Ini hanya sekedar membagi cerita:

  Surat ganti nama ku tertanggal 6 Juni 1978.  Masih ingat bener sekitar
waktu itu, Papi ku dengan muka sedih mengumumkan bahwa keluarga memutuskan
untuk mengganti nama.  Sebagai alasannya, dengan 3 nama, Papi merasa
kesulitan ber bisnis, mencari nafkah untuk menghidupi keluarga.  Itu pun
sudah dicoba untuk dipertahankan.  Tapi ahirnya tidak sanggup.  Aku rasa
banyak keluarga yang juga mengalami hal yang sama.  Politik praktis diambil
dengan pertimbangan kehidupan.  Bisa saja bersikeras mempertahankan nama
asli seperti Kwee Kian Gie, Yap Thiam Hin dll.  Tapi kalu yang membidangi
bisnis, pilihannya tidak banyak.