Kebetulan sekali, 4 bulan lalu saya lamaran dan kemudian menikah, istri saya
Hakka dari Jambi dan saya Hokkian dari Jawa Tengah. Tapi saat lamaran sudah
tidak begitu mengikuti adat karena (ini juga sesuai yg saya tahu), Hakka tidak
terlalu ruwet tata lamarannya, jauh lebih simple, tidak seperti Hokkian. Saya
sendiri 8 tahun ngajar ttg aspek budaya Tionghoa di UI, tapi masih banyak tidak
tahu ttg makna2 simbolik sarana lamaran. Mertua saya sendiri mengatakan,
lamaran tidak usah ribet2, yg penting keluarga kita datang langsung, itu sudah
cukup.

  1) tradisi/cara melamar anak gadis ornag Hakka. Apa
saja yang harus dibawa? seingat saya ada 9 macam
dengan isi masing2 12 biji lalu diserahkan ke orangtua
gadis itu dan kemudian dikembalikan ke ornagtua pihak
lelaki separuh. Apa makna masing2 jenis barang?
misalnya ada kucai, jeruk, apel, putaochiu, satru?,
dsb...

  Benar, dari yg sudah saya jalani, semua diserahkan ke pihak perempuan lalu
setengahnya dikembalikan ke kita. Yg penting, jangan lupa, yg manis2; karena
itu ada jeruk (lambang rejeki melimpah, selain rasanya yg manis dan warnanya yg
keemasan). Satru ato kue satu rasanya manis, selain itu tahan lama. Mohon
teman2 yg lain bisa menjelaskan lebih detail ya.
  Tadi siang saya baru saja membeli buku ttg tatacara perkawinan adat Hakka di
Haidian Shudian (Toko Buku Haidian, Beijing), tapi belum saya baca hahaha...

2) tradisi untuk melamar anak gadis orang hokkien?

  pesan saya, harus ditanyakan detailnya, karena adat Hokkian jauh lebih ribet
dan banyak aturan.

  salam,

  eddy p witanto

Great things are happening at Yahoo! Groups.  See the new email design.
http://us.click.yahoo.com/TISQkA/hOaOAA/yQLSAA/BRUplB/TM