Di website-nya
(http://www.sonyclassics.com/curseofthegoldenflower/index2.html) ada
beberapa behind-the-scene featurette dengan teks Inggris yg menjelaskan
proses pembuatan film ini dari segi cerita, cinematography, kostum, special
effect, make up, dll.  Disitu Zhang Yimou mengakui bahwa dia memberi
kebebasan artistik dalam mendesain kostumnya, jadi memang tidak 100% akurat
dari aspek sejarah.  Salah satu jubah Chow Yun Fat yang berlapis emas
menghabiskan tenaga 50 penjahit dan US$18000.

Design philosophy untuk kostum, set design, make up, prop, senjata, dsb.
adalah untuk menonjolkan kemegahan masa yg paling makmur dalam sejarah
Tiongkok, jadi motif2 yg indah dan rumit dan banyak warna emas digunakan.
Dimana THE BANQUET karena berdasarkan atas sastra Barat jaman medieval,
design philosophynya dipengaruhi oleh estetis baroque:

"“When I do Chinese stuff... the good people look like good people and the
bad people look like bad people. Chinese storytelling likes to tell you what
is right and wrong,” explains Ye. But The Banquet’s plotline demanded a more
nuanced approach. “I wanted to go somewhere deep in the human mind. Humans
betray, they have desires. They are not constant. I needed a contrast so I
reached for Western elements,” he says. “The Western element is mixing in
the dark parts of people.” Looking to Renaissance paintings (Caravaggio, in
particular) for inspiration, Ye mirrored that genre’s use of color and space
to build a sense of moral ambiguity in both his sets and costumes. He gave
this idea resonance by muting the palette, by teasing out a rich grayscale,
then filigreeing the scenery with swatches of red."  (dari
http://www.helloziyi.us/Movies/night-banquet.htm)

Mike