Saya lebih condong percaya bahwa perkataan China yg sekarang merupakan nama
resmi bukan berasal dari kerajaan chin. Ini kerajaan kan adanya sewaktu 200-300
CE dan waktu itu mana ada orang Europa diAsia.. Sewaktu itu saya kira yg
mengunjung keChina masih dapat dihitung dgn jari2 dan saya kira juga wakil2
dari Europa boleh dikata tidak ada.
  Baru setelah Nuerhachi, Hungdachi dan Sunchi  menjadi emperor nama middle
kingdom diberikan nama Qing. Perkataan Qing dgn China tidak begitu berlainan
dan kalau ditulis China utk bangsa Spain dan Portugal dan juga bangsa belanda
kita akan baca CINA. Didalam bah espana biasanya nama2 negara diberikan ending
"A" jadi Cin[Qing] jadi China. [silahkan perhatikan Espana, Italia, Germania,
Columbia, Venezuela, Bolivia, Brasilia etc]Jikalau ini nama kemudian dibaca
oleh orang ingeris perkataan China memang dibaca sebagai CAINA  [Mungkin yg
memakai istilah ini adalah Mateo Ricci]
  Sewaktu MarcoPolo datang mengunjingi kerajaan Yuan [jaman Kublai Khan] dia
masih memakai istilah Middle Kingdom dan saya kira Ming dynasty diluar China
dikenal sebagai Middle Kingdom seperti sekarang istilah yg dipakai oleh
penduduk China.[Perjalanan ChengHo]   Sewktu jaman kerajaan Tang orang dari
barat hanya mengenal middle kingdom

  Jadi jikalau diIndonesia akan diberikan istilah Tiongkok [negara tengah] atau
TiongHoa[suku tengah] - saya kira ini memang agak aneh dan tidak ada
hubungannya dgn negara PRC atau ROC sekarang kecuali kalau yg mengerti bah.
Hokkian atau Fukien   However jikalau ingin disebut bangsa tionghoa well ini
akan menjadi keunikan Indonesia dan tidak ada yg melarang pemakaian istilah
ini. Analog dgn ini kan orang negro diUSA tidak senang diberikan nama negro
tetapi ingin memakai istilah african american meskipun kedengarannya ganjil.
Jikakala yg ket. china ingin disebut suku tionghoa - its all ok. Ini juga sama
dgn mereka yg tinggal diMalaysia atau Singapore dgn bangga memakai istilah suku
babah. Di Singapore ada babah culture dan babah cooking etc.dan malah ingin
dipreserve.

  Andreas

hai hai <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Lebih mudah pake sepatu daripada mengaspal jalan.

Kenapa orang marah ketika disebut Cina? Kenapa tidak
marah ketika disebut China (baca: caina). Ada yang
bilang karena Cina itu berkaitan dengan dinasti Qin
dengan kaisarnya yang luar biasa. Ada yang bilang
karena Cina itu bahasa jepang, artinya orang udik.
Tanpa mengurangi rasa hormat kepada para ilmuwan yang
mengajarkan teori-teori tersebut. Namun harus diakui,
terori-teori tersebut tidak menyelesaikan masalah sama
sekali bahkan tidak ada relevansinya.

Tanyakan kepada orang-orang yang marah ketika disebut
Cina, apa yang membuat mereka marah? Apakah karena
dalam bahasa Jepang Cina artinya orang udik? Atau
karena ingat dengan kekejaman-kekejaman yang muncul di
Tiongkok selama dinasti Qin berkuasa? Sebagian besar
dari orang-orang yang marah tersebut bahkan seumur
hidupnya tidak pernah mengetahui teori-teori tersebut.

Saya termasuk orang yang beruntung karena pernah
berkelana mulai dari Aceh sampai Flores. Kalau para
ilmuwan yang mengajarkan teori ¡§Kenapa orang marah
disebut Cina?¡¨ berkeliling Indonesia, mereka pasti
akan sibuk setengah mati untuk mencari-cari teori:
Kenapa orang Jawa marah disebut JAWA, orang Batak
marah disebut BATAK, orang Sunda marah disebut SUNDA,
orang Daya marah disebut DAYAK, dan lain-lainnya?

Saat ini banyak orang memperjuangkan agar penggunaan
kata Cina dihilangkan dari kasanah bahasa Indonesia,
diganti dengan kata Tionghoa. Bila hal itu berhasil,
maka dasawarsa yang akan datang, akan muncul teori
baru, kenapa orang Tionghoa marah disebut TIONGHOA?

Menurutku masalahnya tidak terletak pada kata CINA itu
sendiri. Masalahnya ada pada manusianya, pada
orang-orang Tionghoa. Kata CINA digunakan untuk
menyakiti hati orang Tionghoa, karena yang menggunakan
kata tersebut tahu bahwa kata tersebut sangat
menyakitkan hati orang yang disebut. Orang-orang
Tionghoa merasa sangat sakit hatinya ketika disebut
CINA karena mereka senantiasa menanamkan dalam
ingatannya bahwa kata tersebut memang sangat
menyakitkan dan tidak layak untuk digunakan.

Menurutku, jauh lebih mudah melatih diri kita untuk
tidak merasa sakit hati ketika disebut Cina daripada
mengharapkan orang lain menggantinya dengan kata
Tionghoa. Kalau orang-orang tahu bahwa kata Cina tidak
akan menyakiti hati orang, maka mereka pasti tidak
akan menggunakannya untuk menyakiti hati orang.

Aku punya seorang teman, namanya Akau, artinya anjing.
Aku kenal dia sejak kelas satu SMP dan menjadi
temannya hingga kelas tiga SMA. Dia sering sekali
berantem demi tiga kata yaitu, ¡§anjing, dogi dan
asuh.¡¨ Setiap kali mendengar ketiga kata itu
diucapkan dia langsung merasa orang sedang ngeledek
dia, tidak jarang sebagai balasannya dia langsung
mengirim bogem mentah. Suatu hari, kami berdua
dikeroyok habis-habisan karena teman tersebut kembali
mengirim bogem mentah pada orang yang menggunakan kata
¡§asuh¡¨ dengan tidak hormat. Kami terpaksa ke rumah
sakit karena ada beberapa luka yang terlalu menganga
di tubuh kami. Saat itu kukatakan bahwa persahabatan
kami sudah mulai berbahaya karena pertarungan yang
harus kami hadapi semakin hari semakin dasyat dan aku
tidak mau silsilah keluargaku musnah hanya gara-gara
aku membelanya. Teman itu memandangku tajam, dari
mukanya nampak jelas bahwa dia sangat terpukul dengan
pernyataanku tersebut. Tiga minggu kemudian kami
menghadapi pertarungan terakhir kami, akibatnya, aku
terbaring di rumah sakit dengan dua luka tusukan pisau
di perut. Setelah minta maaf padaku, temanku tersebut
menghilang begitu saja.

Bertahun-tahun kemudian, aku menemukan sebuah email
yang bunyinya, ¡§KEPITING! Lu nggak perlu kuatir lagi
siapa yang akan meneruskan silsilah keluarga lu,
hubungi STAFF¡K¡¨ Ho ho ho ¡K setelah bertahun-tahun
saling mencari akhirnya kami saling menemukan.
Setahuku, di dunia ini hanya ada dua orang yang memaki
menggunakan kata ¡§KEPITING,¡¨ aku dan sahabatku.
Menurut ceritanya, malam itu kondisiku sangat gawat,
dia melarikan diri karena takut aku mati. Dalam
pelariannya, dia mendengar dari radio kata-kata yang
mengubah hidupnya, ¡§Lebih mudah pake sepatu daripada
mengaspal jalan!¡¨

go ho
hai hai

http://us.click.yahoo.com/0It09A/bOaOAA/yQLSAA/BRUplB/TM

----------------------------------------------------------~->

> .: Forum Diskusi Budaya Tionghua dan Sejarah
> Tiongkok :.
>
> .: Website global http://www.budaya-tionghoa.org :.
>
> .: Pertanyaan? Ajukan di
> http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua :.
>
> .: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua
> http://iccsg.wordpress.com :.
>

> Yahoo! Groups Links
>
> (Yahoo! ID required)
>
> mailto:[EMAIL PROTECTED]

Get your own web address.
Have a HUGE year through Yahoo! Small Business.
http://smallbusiness.yahoo.com/domains/?p=BESTDEAL