mbak Grey, yaaaaaaaaa kalu bicara Sampokong mah dah babak belur dah,
jadi inget neh masa2 dulu Sampokong heheheheeh

Lha pohonnnye aje yg dikenal pohon rante aje jadi babak belur, dicor
bokkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

Bicara PSMTI ? weleh lebih parah tuh, mosok mo bangun di TMII ada yg
ketinggalan 1 lage disana. BIO ataw MIAO yg jadi PERLAMBANG RELIGI
kedatangan Tionghoa di Indonesia aje kagak dibangun ?
Opo tumon ?
Kalu gw pake bahasa gw ya DUDUT lah itu

Bukan gw mo maksa mesti ada bio ataw miao disana, mbok ya kalu mo
bikin cerita kedatangan en perkembangan tionghoa di Indonesia ya itu
miao dibangunlah, ngkale kalu perlu ditambah Eyang Suryakencana ataw
Datuk2 kayak di SUMUT getu.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, greysia susilo junus
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> jangan sampe candranaya diekspor ke TMII. ga ada gunanya. kalo mau
hancur, baiklah hancur ditempat. apa gunanya dibawa ke taman mini?
paviliun khusus tionghoa kog bahannya dari tiongkok? emang dulu
orang tionghoa yang pindah kesini semuanya pake bahan tiongkok?
hanya yang kaya saja kan. itu sama saja mengekspor RRC ke indonesia.
kita ini mau punya paviliun yang memperlihatkan tionghoa yang
beranak pinak di indonesia beratus2 tahun atau mau membuat eksibisi
tentang RRC? bedanya besar loh. kalo mau membuat eksibisi RRC, ga
usah di taman mini dong. nanti negara lain pada ngiri... taman mini
kan spesial display kekayaan etnik indonesia, termasuk etnik (apapun
namannya, suku juga boleh. cuma asal nyebut doang) tionghoa di
indonesia.
> saya sendiri pernah liat hasil 3D max-nya tahun lalu, sumprit deh,
ga ada satu bangunan pun yang mencerminkan bangunan tionghoa
indonesia. bukan ruko2 tradisional di glodok sekitar, bukan pula
siheyuan ala lasem, bukan juga rumah cina benteng. mirip gereja st
fatima pun tidak, atau candra naya. Akhirnya bakalan seperti
klenteng sampokong gedung batu semarang. yang sekarang itu seperti
klenteng taiwan pindah ke indonesia.
> tidak ada cantiknya sama sekali. sorry, bung suryana.... saya
tidak bangga akan hal tersebut.
> greysia

Kirim email ke