Saya sunguh bahagia bercampur haru menyaksikan pertunjukan musik Tiongkok
tradisional dari Kelompok musik pimpinan sdr Andry Harmony dari Bandung.
Di sini ternyata masih banyak anak2 muda yang mau menggeluti musik warisan
leluhur yang sama sekali tidak komersial, jauh dari budaya Pop.

Saat pertamakali saya menyodorkan judul2 lagu untuk dimainkan mereka,
sebenarnya saya tidak terlalu optimis bahwa mereka akan bisa memainkan itu
semua. Kekhawatiran saya terutama ada pada lagu pertama, yakni lagu klasik
Yangzhou Man / Balada Yangzhou, dimana syair dan lagunya digubah oleh
Jiang Kui, penyair dinasti Song. 900 tahun yang lalu. Gayanya sangat
klasik, pasti susah untuk membawakannya. tapi  ternyata mereka berhasil
mengatasinya! Bayangkan saja usia mereka yang masih sangat muda (termasuk
penyanyinya!), dan hidup di Bumi Indonesia yang sekian lama tersekat
dengan budaya Tionghoa! Terimakasih, kalian adalah penyulut api semangat
bagi masyarakat yang berbudaya, kita di sini ternyata masih memiliki
harapan!

Di sini saya kutipkan lengkap syair Balada Yangzhou yang dibawakan mereka
di acara peluncuran buku hari selasa malam.  Dalam dua bahasa.

Salam Budaya,
Zhou Fy

ELEGI  YANGZHOU*
Jiang Kui ( 1155-1221 ; Song )

Di kota ternama timur Huai,
di Bambu Barat yang indah,
pedal dilepas singgah sejenak mengawal langkah.
Sepuluh kilo angin musim semi telah dilalui,
paparan hijau ladang gandum habis dilintasi.

Sejak kuda asing yang menyisir sungai pulang,
kolam terlantar pohon menjulang,
masih muak membicarakan perang.
Senja menyongsong,
terompet dingin melolong,
segalanya di benteng yang kosong.

Penyair Du yang berulang memuja,
bila kini kembali siaplah terperangah.
Meski ¡°Syair Kecambah¡± sempurna,
¡°Impian menara Plesiran¡± menawan,
takkan mudah merangkai kedalaman gundah!

Dua puluh empat jembatan masih ada,
ombak bergoyang rembulan beku tak bersuara.
Ingat merah peoni rumput di tepi jembatan,
untuk siapa tahun ke tahun tumbuh berkembang?

“P  ÖÝ  Âý
½ªÙç (ËÎ)

»´×óÃû¶¼£¬
ÖñÎ÷¼Ñ̎£¬