--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ariamakmur"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> =====> sorry, saya agak bingung sama pinyinnya, berhubung pinyin
saya
> juga ngaco, lebih nangkap baca aksara mandarinnya. setahu saya
xiang lebih
> condong untuk mempelajari dari bentuk.

yg dimaksud itu yuzhang liat garis tangah , jin mian liat bentuk
muka, mo gu meraba tulang , yin xiang =bentuk stempel.
Itu emua ya bagian dari xiang toh

Nong

> [...]
merupakan
> san wang, saya tidak tahu yang mana raja langit, bumi dan manusia,
shen
> rong yang mengajarkan bercocok tanam, bukan buat hunian, hunian
awal
> kalau nggak salah mulai ada datanya pada jaman Xia, dengan model
rumah
> panggung. memang pernah baca ada yang ngajari buat api, tapi
sepertinya
> ceritanya juga agak berupa mitos/legenda.
> shang shu-dynasty Chou, yang mencatat tentang 5 unsur itu Hong
Fan, itu
> [...]
ilmu
> kedokteran Pien Cie. FuXi berkepala manusia berbadan ular (agak
berbau
> mitos juga), memang banyak catatan yang terlalu didewakan/
dilebihkan.
> tidak ada bukti bahwa ajaran 5 unsur ada di jaman fuxi, memang
lebih bisa
> dipercaya ada pada dynasty chou.
> you chao juga tidak kenal, tahunya chi you yang raja pasukan
pemberontak
> jaman huang di saja, terima kasih kalau mau memberikan
informasinya.

Banyak versi soal 3 huang itoe, kayak yg udah disebut itu emang bisa
disebut 3 huang. Umumnya yg dimaksud 3 huang itu Xuanyan, Shennong
dan Fuxi.
Emang You Chao dan Shui Ren jarang disebut, jg ada yg masukin Shui
Ren kedalam 3 huang/raja.

Chiyou boekan pemberontaklah. Nurut cerita dia suka ganggu2 suku2
laen ampe Shen Nong ngajak Xuan Yuan a.k.a Huangdi bareng2 sikat dia.

Kitab Shang Shu bab Hong Fan yg tulis kalu Ji Zi yg bahas 5 unsur,
so boekan Hong Fan itu person tapi Hong Fan itu bagian dari buku
alias bab.

Kitab kedokteran gak ilang semua, memang banyak org yg
mendeskreditkan Ying Zheng sebagai kaisar lalim ,penyensoran bla bla
bla.
Padahal kalu diliat dari sudut sejarah, Ying Zheng ngebabat ajaran
Ru doang yg jadi lawan aliran Fa waktu itu.
Bian Que setau saya seh gak prnah bikin buku ya.

> seluruh

> ====>awal ming kalau tidak salah ceritanya berhubung kaum ahli
fengshui
> asal2an sudah terlalu banyak dan mulai meresahkan, dan raja
pertamanya
> juga lebih condong ke ajaran Budha, maka ada peraturan raja yang
> membatasi praktek fengshui jalanan, dengan hukuman yang cukup
berat,
> sehingga ahli yang benaran juga ikut2an menyelamatkan diri.

Oh ngkale berkaitan ama Liu Bowen yg emang jadi sasaran tembak Zhu
Yuanzhang.
Tapi2 ini aneh loh, dinasti Ming itoe khan banyak kaisarnya yg
taoist tuh.
Zhu Yuanzhang aje gak doekoeng Buddhism 100 % kok.

Gong en
Daodejing,

> [...]
sembahyang
> dewa untuk lindungi, fengshui untuk menyelaraskan dengan alam, Hu
untuk
> menangkal petaka, terus tinggal beli undian/ saham, tiap hari
bertapa saja di
> rumah.

> =====> pengelompokan itu cuma untuk membantu dalam peramalan,
bukan
> pengelompokan ilmiah, mis yang=laki2, yin=perempuan, terus waria
jadi apa?
> Chien Gua=kuda, Kun Gua =sapi, jadi kalau sapi betina = Kun unsur
Yin?
> jelas bukan begitu caranya...
> memang sih saya percaya LaoTze hanya merangkumkan dan mencatat apa
> yang ada dan dia alami pada jamannya, dan bagaimana cara pikirnya.
tapi
> yah itulah, tidak ada catatan yang lebih tua yang bisa
membuktikannya.
> ajaran liauFan itu menurut saya bagus sekali, harusnya dipelajari
seiap orang,
> berhubung mudah dimengerti , kalau Daodejing agak sulit dijabari
cara
> pikirnya, mesti diresapi benar2.

hm gak peramalan aja ya tapi filsafat jg toh
kalu banci ya gampang kok jawabannya :P
Yang zhong Yin Yin zhong Yang, Yang bao yin , yin fu yang.
Gampangnya gini pria gak bisa pure YANG , inget prinsip gu yin ama
du yang.
So dalam laki2 ada jg unsur yin tapi yg dominan itu unsur YANG.
Nah kalu banci bisa gara2 unsur YIN yg dominan.
Makanye ada pemeo dikalangan tnglang, kalu laki kebanyakan makan
zhenzhu fen alias bubuk mutiara bisa jadi bences , soalnye unsur
YANGnye ditindes ame unsur YIN dair luar getu lho.

> ======>> tingkat paling tinggi dari peramalan, memang sdh
menghitung
> dalam hati, tingkatnya khan menghitung pakai jari-menghitung pakai
otak-
> baru menghitung pakai hati, kalau sdh sampai tingkat pakai hati,
itu sdh
> namanya mencapai 1/2 Dao, berapa orang saja yang sanggup? tetap
tahapan
> belajarnya harus dari bawah dulu, kalau langsung sdh pakai
hitungan hati,
> tanpa dasar, nanti jadi ngaco deh, atau sekalian ngaku masuk dewa
> [...]

wakakakakakaka kocak ya , masuk dewa huehehehehehehehehehe
dewa jg konon perlu JI GONGDE.

praktisinya
praktisinya.
> =====> saya juga tidak setuju pakai Hu, kecuali memang dalam
kepentingan
> menyelamatkan orang lain, tapi daripada pakai Hu, ajari doa
menurut
> kepercayaannya saja efeknya juga sama, mungkin malahan lebih
bagus...
> ya, biasa lah, dalam setiap jenis pekerjaan, khan pasti ada oknum
yang
> mencari kesempatan untuk kepentingannya sendiri.

Daripada
> [...]
> kalau sekarang khan tinggal pilih paket, mau 6 hari atau 30 hari
jadi ahli
> fengshui, jadi cuma diajari cara pakainya, tanpa diajari lagi sisi
lainnya.
> balik lagi kalau untuk ongkos belajar yang super mahal, itu balik
ke tujuan
> utama muridnya belajar, kenapa mau bayar mahal begitu? pikirannya
juga
> pasti untuk mencari keuntungan besar kemudian bukan? kalau
tujuannya
> begitu ya jelas tujuan kebajikannya tidak akan kesampaian.

Banyak yg belajar program komputer akhirnya jadi hacker tuh.
Lha gurunya jg buka harga gila2an huehehehehehehehehehe

Fengshui katanye lage neh katanye, boekan ilmu EKSAK tapi ilmu
pengasah batin.
Setuju gak ?
Kalu setuju ya mestinya igmana perlakuin ilmu pengasah BATIN itoe.
Lha gimana bisa jadi eksak kalu isinya filsafat 5 pergerakan, yin
yang en so on.

Dah ah cape huehehehehehehehe mangkok nasi org laen dah bunyi prang2
tuh alias pecah.

Kirim email ke