Uly,

Jangan kaget dan heran. Bahkan Ronggowarsito sudah 'menubuatkan'
keadaan ini. Saya petik sebagian dari isi ramalan tersebut:

---
JONGKO JOYO BOYO
(====Ronggowarsito====)

Zamannya Zaman Gila/Sinting

3. Orang yang benar cuma bisa bengong
4. Orang yang melakukan kesalahan berpesta pora
5. Orang Baik di singkirkan
6. Orang Yang kelakuannya bejat malah naik pangkat
7. Banyak komentar yang tidak ada isinya
8. Orang salah diangap benar
9. Orang lugu dibelenggu
10. Orang mulia dipenjara
11. Yang salah mulia, yang jujur hancur

Seberat apapun jangan sampai ikut larut dalam warna-warni zaman kalabendu.

Sebab jaman itu bakal sirna dan diganti dengan jaman Ratu adil, jaman
kemuliaan, karena itu yang tegar, yang tabah, yang kokoh, Jangan
melakukan hal bodoh. Tunggulah jaman kemuliaan jamannya Ratu adil
----
(http://id.wikisource.org/wiki/Ramalan_Jayabaya)

Kalau anda percaya 'karma', 'life after death', 'penghakiman agung',
dll yg serupa; maka segala sesuatu pasti ada 'balasannya'. (dan)
Pembalasan tersebut adalah hak sepenuhnya dari si pencipta (kalau anda
percaya eksistensi si pencipta lho hehehehe).

Btw, disisi lain, menghadapi orang tidak waras semestinya tidak
frontal. Karena orang tidak waras (biasanya) nekad dan irasional,
malah tujuan yg waras tidak akan tercapai. Maka, selalu ada cara
alternatif menghadapi yg tidak waras. Salah satunya adalah mengalah
terlebih dulu (mundur 1 langkah utk melompat 3 langkah kedepan).

salam,
jimmy

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ulysee_me2" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Gue ndak mau mbahas soal panggilannya,
> Tapi ada satu kalimat yang belakangan ini sering gue lihat:
> "sing waras ngalah"
>
> Dari kemaren dulu pengen ngomong, idih-idih gue nggak setuju dengan
> pepatah ini.
> Kalau yang waras ngalah semua, berarti yang ndak waras bisa
> merajalela semau-maunya?? Astaga, apa jadinya donk.
>
> Kenapa sing waras ngalah? yang waras mestinya khan berpikir lebih
> benar. kalau BENAR kenapa ngalah? Bukankah harusnya kita ngotot
> membela yang benar ?
>
> Barangkali itu yang terjadi sama negeri ini ya, sing waras ngalah
> [...]

Kirim email ke