Saudara Ang,

Sepanjang sejarah, banyak hal yang dirintis oleh ilmuwan dan
masyarakat Tiongkok. Beberapa yang lain misalnya:
- sistem pertanian: irigasi, bajak
- astronomi dan navigasi: konsep kutub magnetik,  konsep garis lintang
dan bujur, sistem kemudi kapal
- domestifikasi hewan: sistem tali kekang
- geologi: seismograf, klasifikasi mineral
- mekanikal: penanda waktu matahari, penanda waktu bertenaga air
- pengobatan
- metalurgi: campuran perunggu dan baja yang lebih unggul dibanding
masyarakat sejaman di daerah lain
- banyak lagi

Kalau mau membaca bahan akademis mengenai sejarah ilmu pengetahuan
Tiongkok dalam bahasa Inggris, silakan mencari seri buku:

"SCIENCE AND CIVILISATION IN CHINA SERIES"
karya almarhum Joseph Needham
diterbitkan mulai tahun 1954 oleh Universitas Cambridge
buku ini diterbitkan dalam bentuk seri menyerupai jurnal ilmiah dan
seharusnya belum selesai ditulis

Kalau anda lebih menyukai buku yang lebih mudah dicerna (non
akademis), silakan mencari buku:

"The Genius of China: 3,000 Years of Science, Discovery, and Invention"
kompilasi dari buku-buku Joseph Needham oleh Robert Temple

Mengenai masalah bangga-banggaan, cukup yang wajar-wajar saja. Dan
selalu ingat, salah satu faktor ketertinggalan Tiongkok sejak 5 abad
yang lalu adalah "terlalu bangga".

Hormat saya,
Yongde

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, jackson ang
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Para sesepuh Di Milis ini :
>
> Bangsa Cina menemukan apa saja selain =
> - kertas
> -bahan peledak
> -pistol
> -sidik jari
>

> Mungkin tidak begitu penting pertanyaan saya ini, tetapi setidaknya
bisa menimbulkan " kebanggaan" & pengetahuan