hehehehehehe
sebenernya gini ya banyak penemuan itoe sifatnye praktis boekan jadi
konsep ilmiah getu.

yg jadi masalah boekan dari filsafatnye kok. Banyaknye bencana alam,
perang de el el mo gak mo dicari akal buat temuin cara2 /teknologi
praktis buat cegah bencana ataw menang perang.
Misalnye balon udara ataw kongming deng, itoe khan buat penerangan ama
isyarat, yunti ataw tangga lipat buat serbu benteng, crossbow ampe yg
sistem magazine aje buat perang.

Emang gak semua begitu. Misalnye Cai Lun yg temuin kertas, org
Qingcheng temuin mesiu.

Banyak penemuan kayak bidang pengobatan itoe tosu2 yg temuin kok.
Mesiu aja kebetulan diketemuin gara2 mo cari resep panjang umur tuh.

Tapi ya gw jg gak pungkirin rumus zhou gong ataw pythagoras ditemuin
sebelon pythagoras koar2 hehehehehehehe
masalahnye teori2 itoe kadang dianggep gak efektif dimata kerajaan.

Inget jg sistem ujian pejabat negara itu dasarnya yg ditest Ruisme,
sastra, militernya diuji beladiri ama ilmu perang yg banyak pake Sun Zi.
Model getu bisa bikin mandeg iptek jadi gak ada iptek yg sifatnya
jangka panjang , gak kearah iptek praktis getu.
Padahal Kong Zi dah ngomong wengu er zhixin wei shi yue yg artinye
org2 yg belajar dari yg dulu trus bisa berinovasi itulah GURU.
Sayangnya mandeg diurusan kitab berkitab doang, jrg yg berkutet
dibidang iptek yg dibuat jadi dasar buat pengembangan teknologi.

Yg bekutetan ya paling ilmu pengobatan yg pake teori 5 unsur, yinyang,
4 musim en so on.
Itoe yg kalu gw bilang ada LANDASAN ILMIAHNYA boeat pengembangan lebih
lanjut.

Kalu matematiknya hehehehehehehe mestinye BISA LEBIH CANGGIH LAGE drpd
tjoema sekedar itung2an BAZI.
Sayangnye ilmu itung2an ataw shushu itoe mentoknya dibazi yg buat
itung nasib org.
Ilmu shushu aje dah tjoekoep lumayan boeat itung2an nasib, lebih
canggih lage kalu dibikin boeat itoeng alam semesta.

Gak beda ada yg bikin arti wan ataw gambar swastika itu 10 pangkat 42
en dianggep itoelah ukuran luas alam semesta hehehehehehe
Nah kalu getu khan bagus.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Hendri Irawan" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Saudara Zhou,
>
> Menurut anda, apa penyebabnya ?
>
> Kalau menurut saya kira-kira begini
>
> - Dasar filsafat harmoni baik itu Dao Jia maupun Ru Jia
> - Kecenderungan pemerintah untuk menyimpan rapat-rapat semua ilmu
> pengetahuan, sekali lagi apakah ini berhubungan dengan falsafah
> memerintah menurut Dao ? Bahwa pemerintahan yang baik tidak
> menyebarkan pengetahuan yang bisa berakibat buruk bagi rakyat.
> - Periode Tian Xia Tai Ping yang terjadi berulang kali setelah Luan di
> Tiongkok. Kalau diperhatikan akselerasi ilmu pengetahuan selalu
> [...]

Kirim email ke