Berikut ini merupakan informasi tambahan, yang  diharapkan bukan hanya membuat
bangga terhadap prestasi masa-lalu  (masa-lalu banget), namun yang lebih
penting adalah untuk bercermin, apa yang bisa kita buat sekarang  selain  debat
kusir.

- teknik membuat api (jaman pra-sejarah)
- teknik membuat roda
- teknik membuat bangunan kayu dengan tingkat lebih dari 10 lantai
- teknik membuat sambungan melengkung pada konstruksi  jembatan dan  konstruksi
tembok  (pintu rembulan)
- teknik menggunakan serat untuk menghemat pemakaian material bangunan ( dahulu
digunakan untuk membuat tembok selaksa li, sekarang dunia modern menggunakan
teknik yang sama, hanya saja dulu digunakan jerami dan rumput sebagai serat,
sekarang digunakan serat baja)   Ref.: Discovery, tentang Great Wall)
-teknik  pengawetan makanan
- teknik memasak dan membuat makanan khusus (bakmi, tahu, kecap, dll)
- kompas (bukan surat  khabar !!!)
- teknik mencetak secara manual
- tinta
- kuas (mao bi)
- layang-layang
- teknik tipu-menipu  (strategi berperang)
- sistem kalender berdasarkan peredaran bulan, dan astronomi
- sistem pembayaran (uang)
- alat pendeteksi gempa bumi  (jaman dinasti Han);
- beberapa teknik sulap
- panah khusus yang sekarang dikenal sebagai "Cross bow"
- beberapa konsep matematika
-sempoa (suipoa, suan-pan)
- roket primitif (penemunya mati karena mencoba terbang ke bulan dengan kursi
yang dipasangi dengan roket primitif)

Catatan:
Beberapa penemuan  ternyata merupakan peristiwa paralel dengan penemuan oleh
bangsa lain (jadi kita tidak boleh takabur).

Pertanyaan yang lebih penting:

Apa yang bisa kita buat dan berikan untuk lingkungan dimana kita hidup SEKARANG
?

Mari bangun....

Kiong tjioe,

Tjoei Sian

ardian_c <[EMAIL PROTECTED]> wrote:                               ngkale pasnya
itu disebut MERIAM SUNDUT hehehehehe belon jadi pestol.

 meriam sundut dah dipake jaman Song tuh