Bung Jo yb,

    Hahahaaaa, ... rupanya sudah mau bikin rencana melancong lagi ke Tiongkok
daratan, ya? Saya sependapat dengan pendapat Skalaras, jika anda hanya diminta
satu pilihan tempat untuk berkunjung di Tiongkok, pilihlah untuk melihat Sungai
Yang-Zhi dengan 3 ngarainya itu. Sepanjang perjalanan dari Wuhan ke ChongQing
(ChungKing) atau sebaliknya, tidak sedikit kita bisa melihat bagaimana sejarah,
budaya Tionghoa sejak jaman kuno, sekalipun air sudah dinaikkan setinggi 170 m
tidak semua terrendam, masih juga ada yang bisa dilihat, seperti kuburan
dilereng gunung itu, entah gimana ngungkutnya sampai disana, ... dan sekarang
ditambah melihat kehebatan teknologi Tiongkok, bagaimana caranya semua
kapal-kapal termasuk yang kita tumpangi itu naik dan turun permukaan air yang
diangkat sampai lebih 170m itu dengan waduk raksasa terbesar didunia. Sungguh
luar biasa dan menakjubkan. Dan pantas waduk yang semula sudah pikiran akan
dibangun diakhir tahun 50-an, tapi Mao ketika itu tidak berani mengambil
keputusan. Disamping masalah kemampuan teknologi, tentunya juga masalah
perang-dingin didunia yang makin panas, membuat tidak ada jaminan kuat waduk
tidak akan jebol. Bisa dibayangkan seandainya waduk jebol, air segitu banyaknya
tentu akan menggenang berapa propinsi dihilir sungai, dan entah berapa juta
rakyat akan mati.

    Itulah kesan saya meninjau Tiongkok daratan ditahun 04, ... ketika itu
masih ada 2 generator tenaga air yang belum selesai. Mestinya sekarang selesai
keseluruhan pembangunan. Dan ada satu tips makanan ikan Wu Chang boleh dicoba.
Ikan khusus yang hidup disungai Yang Zhi, menjadi makanan rakyat setempat.
Dikenal dan disebut-sebut dalam syair Mao Tse-tung, sekalipun banyak durinya
tapi enak rasanya. Makanan rakyat yang sekarang jadi lumayan mahal harganya.

    Perjalanan yang saya lakukan tempo hari dari Chong Qing turun ke Wu Han,
dari hulu ke hilir perjalanan lebih cepat, cukup 2 malam saja dikapal.
Sebenarnya malam ke-2 itu antri untuk turun 170 meter dengan 3 tahap pintu-air.
Ditengah malam sengaja bangun untuk melihat gimana caranya kapal itu turun dari
ketinggian 170 m. Sebaliknya, kalau dari Wu Han ke Chong Qing, kapal jalannya
lebih lambat melawan arus, jadi sampai 3 haria di kapal, ada kawan yang
menempuh jalan itu merasa lebih banyak yang dilihat dengan bayarnya juga lebih
mahal.

Kalau Guilin dengan Sungi Lie itu hanya sekadar melihat pemandangan alam yang
indah, lalu dibumbui cerita-cerita yang menarik oleh noni-manis diatas perahu.
Tidak ada kelebihan yang menarik hati saya.

Salam,
ChanCT