Engkong Xuan Tong hao, dan rekan2 BeTe lainnya,

xie xie u/ penjelasan tambahannya engkong. pertanyaan itu kuajukan ke
papaku saat masih menjadi murid SD kelas 4, sepertinya papaku ingin
mempermudah pemahamanku dengan jawabannya yang beliau anggap akan mudah
dimengerti oleh anak SD kelas 4 :). sekarang setelah ditambah penjelasan
dari engkong, informasinya menjadi lebih lengkap. di postingan
sebelumnya engkong menginformasikan kalau seorang tangsin/lo ja akan
membuktikan kebenaran kemampuan dan jati dirinya yang memiliki tubuh
intan dan tubuh emas dengan menggunakan senjata tajam dan hio (yg dalam
bahasa papaku saat itu adalah unjuk kekuatan), dan sesuai dengan fungsi
dan tugas seorang tangki yang utama adalah menolong manusia dan dunia,
makna dari keseluruhan prosesi youjing adalah tolak bala, demikian juga
dengan parade/festival naga dan barongsai yang diadakan di Pontianak
setiap cap goh meh beberapa tahun belakangan ini, yang juga merupakan
bagian dari upacara tolak bala.

ttg tolak bala ini kemudian menjadi menarik, karena upacara/kegiatan
bermakna sama juga ditemukan hampir di semua komunitas di Indonesia
(kalau tidak bisa dikatakan semua), bahkan dunia, termasuk
termanifestasi dalam kepercayaan agama2 samawi, kecuali untuk kelompok
atheis. well, diluar itu, berarti sesungguhnya manusia di dunia ini
memiliki kesepahaman akan konsep adanya kemampuan manusia untuk
"mengotori" atau "membersihkan" energi alam semesta. yang jika dikotori
akan berdampak negatif kepada kehidupan manusia sendiri, dan pengertian
pentingnya menjaga keseimbangan alam semesta. ini kali yang dimaksud
juga oleh ungkapan "nasibmu berada di tanganmu sendiri" kali yeh....

yang masih ingin kutanyakan kong, ada informasi ga, kenapa harus hari
ke-15 sebagai penutup rangkaian perayaan tahun baru imlek? ada
hubungannya dengan bulan purnama?

selain naga dan barongsai, semasa masih kecil, yg paling kusukai juga
adalah festival lampion yang dilakukan pada malam hari cap goh meh :D
masa itu, lampion yang paling umum adalah yang berbentuk ikan mas, ato
yg bersegi-segi, sekarang udah ada yg berbentuk mulai dari pesawat
terbang ampe hello kitty dan doraemon hehe

Julia