Sdri.Juli,

saya rasa ayah anda ada kesalahan pandangan mengenai capgome.

Yuanxiao adalah perayaan terakhir untuk menyambut tahun baru, karena
itu dirayakan lebih meriah.
Jadi yuanxiao itu adalah pesta rakyat untuk menutup perayaan tahun baru.
Dan para tatung juga ikut memeriahkan dengan segala macam pengorbanan
dan penyiksaan diri mereka untuk kebaikan semua manusia.

Berdasarkan kepercayaan Tiongkok, dewa yang naik ke surga itu adalah
dewa dapur, bukan semua dewa.
Dan Zhao Jun atau dewa dapur inilah yang memberikan laporan kepada
Yudi mengenai perilaku anggota keluarga yang diawasiNya.

Hormat saya,

Xuan Tong
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "@};-PurpleRose};--"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> oi Ul, papaku pernah bilang gini seh, kl cap goh meh itu emang pesta
> besarnya para tatung, terutama untuk unjuk kekuatan mereka. cap goh meh
> itu sepertinya adalah perayaan penanda kembalinya para "Sin"/Dewa/Roh
> berkekuatan yang menjadi keguruan para Tangsin/Lo Ja/Lao Ya ke bumi,
> setelah sebelumnya kembali ke langit (menjelang akhir tahun) untuk
> memberikan laporan final pertanggungjawaban tahunan kepada Penguasa
Alam

"http://hakka-singbebas.blogspot.com/2007/03/minggu-4-maret-2007-singkaw

<http://hakka-singbebas.blogspot.com/2007/03/minggu-4-maret-2007-singkaw>

ang-begitu.html"http://hakka--singbebas.-blogspot.-com/2007/-03/minggu--

"mailto:budaya_tionghua%40yahoogroups.com"[EMAIL PROTECTED]