Yth. Bung Purnama,

ketemu lagi Pak Purnama,

tanggapan saya ada di bawah tulisan anda

--- Purnama Sucipto Gunawan <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Saya agak sedikit bingung. Kok sekian banyaknya
> tulisan saya di
> artikel ini; yang difokuskan SKBRI yak ?. Padahal
> ada yang lain karena
>  Tahun 2008 ini Tahun ajang Olypiade beijing.
> Harapan kita itu
> seharusnya bahas Bisa ngak adalagi Susi Susanti,
> Allan Budikusma,
> Hernawan yang lain gitu lokh !. Sebenarnya warga
> negara Indonesia
> keturunan Tionghoa sangat dominan di cabang olah
> raga ini. Maka saya
> harap itu ada cabang olah raga lain yang mengikuti
> [...]

JS :
Saya setuju dengan pendapat anda ... Nah kita mau
bahas apa ?

Saya, hanya seorang praktisi hukum hanya menguasai di
bidang ini saja, di samping itu, memang saya juga suka
memperhatikan masalah-masalah sosial kemasyarakatan...

Purnama :

> Ardian ngak masalah sih bagi g sebenarnya bpk john
> menawarkan bantuan
> hukum, saya saran bpk john menawarkan konsultasinya
> pada masyarakat
> tionghoa daerah yang agak terpencil di jakarta.
> Karena mereka lebih
> membutuhkannya jika tidak ada tepat pengaduan.

JS :
Saya juga berkecimpung di bidang hukum, HAM dan
Advokasi, jadi tolong beritahu saya kalau ada yang
bisa saya bantu. Saya senang sekali bisa membantu
orang lain...

Purnama :

> Memang saya punya pengalaman dipersulit oleh oknum
> pemerintah terutama
> bagian kelurahan, karena KTP saya sempat
> dipertanyakan soal SKBRI,
> tapi masalah itu sudah selesai karena saya
> melaporkan kpd Ketua Rw
> setempat yang kebetulan juga tokoh tionghoa
> setempat.

JS :
Masalah kita di-diskriminasi, dimarjinalkan atau
istilah kerennya dijadikan mesin ATM sudah bukan
rahasia lagi...Ini adalah politik yang dijalankan oleh
rejim pemerintahan, tapi ingat juga bahwa pada saat
yang sama ada juga oknum-oknum Tionghoa yang
"dibesarkan" atau mendapatkan previlege
(keistimewaan-keistimewaan) dari rejim pemerintahan
itu juga ...

Yang ideal adalah kita mulai berbenah diri, kita juga
jangan mau didiskriminasi, dimarjinalkan dan dijadikan
mesin ATM... Caranya kita lawan kesewenang-wenangan,
berani mempertahankan kebenaran dan jangan/hindari
untuk berbuat salah...

Purnama :

> Ketika saya melapor Rw, ternyata bukan saya saja
> yang jadi korban,
> bnyk warga tionghoa kena korban gr - gr SKBRI, yang
> sebenarnya oknum
> ini mau uang. Juga pada saat melapor warga non
> tionghoa juga kena
> masalah di kelurahan dengan oknum yang sama
> diributkan masalah kk dan
> surat lahir yang kagak jelas, atau surat yang dikata
> ngak masuk diakal.

JS :
Ada oknum aparat yang bertingkah korup itu sudah jamak
(bukan ganjil/aneh maksudnya), tapi saya yakin kalau
kita benar dan berani bersuara (mempertahankan
pendapat) oknum yang begituan tentu mundur... Yach
kata bijak orang tua pintah-pintarlah kita sendiri
membawa diri. Anda setuju ?

Purnama :
> Saya hanya berpikir jika saya tinggal terpencil kalo
> ngak punya
> birokrasi untuk mengurus surat saya bagaimana
> solusinya ?

JS :

Tolong beritahu saya permasalahannya, mudah-mudahan
saya bisa membantu, anda tahu caranya menghubungi saya
kan ?

Salam,

John Siswanto

http://www.yahoo.com/r/hs