  From: Dada
  To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
  Sent: Saturday, February 09, 2008 5:47 AM
  Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: DISKRIMINASI TERHADAP MINORITAS MASIH
MERUPAKAN MASALAH AKTUAL DI INDONESIA

  ****** Mahasiswa asiiing? memang setiap mahasiswa Tionghoa mahasiswa
  > asing? Mereka dibatasi masuk Universitas Negeri. Saya sendiri dulu juga
  > di UI, sebelum pindah ke Universitas Vienna. Saya tahu itu. Sahabat
  > saya, seorang konglo yang kaya, dekat dengan Tommy dan Bambang, anaknya
  > cerdas sekali, juga ditolak masuk UI. Lalu masuk (University of
  > California) UCLA di Amerika, lulus cum laude! Ini uni elite lho, UI gak
  > ada apa apanya..

  Dada :
  Diterima di satu uni dan ditolak di uni lain , tidak bisa terjemahkan
  seperti itu.
  Soalnya ada juga tionghoa yang gagal masuk kampus Unpar dan diterima masuk
  kampus negri (ITB)...
  Terkadang ada faktor-faktor lain . Materi ujian yang berbeda. Kampus
  almamater saya , hanya menguji dua mata pelajaran saja untuk hampir semua
  jurusannya. Matematika dan Ekonomi.
  Dengan metode seleksi yang berbeda , proses kelulusan juga berbeda.

  Kalau soal kampus Indonesia, memang jelas tertinggal dari kampus terkemuka
  di luar negri.
  Dan potensi pelajar Indonesia bisa bersaing dengan pelajar lain dari
  mancanegara.
  Jadi ini tantangan bagi pemerintah untuk menggerakkan sektor pendidikan ,
  yang telah diterapkan dengan sukses oleh negara India..

  Duh saya kecepatan menulis sampai salah mengetik "et pace in terra" di
  posting lain hehehe

  Et Pax in Terra

  Robby Wirdja