Sdr.Feifei,

anda begitu yakin tahun 2559 adalah kalender perhitungan kelahiran
Buddha ? Yakin tidak salah ?

Saya beritahu kepada anda bahwa tahun 2559 adalah berdasarkan
kelahiran Kongzi sedangkan 2552 adalah berdasarkan kelahiran Buddha
Gautama. Dan sekarang ini masih tahun 2551 Buddha Era. Stelah pada
saat Waisak nanti baru berganti menjadi 2552 Buddha Era ( CMII ).

Perayaan imlek adalah pergantian tahun, dan musim semi dianggap
sebagai tahun yang awal.

Perhitungan lunar selalu bergeser 11 hari, maka dari itu anda bisa
lihat Lebaran yang selalu bergeser setiap tahun, sedangkan hari raya
Imlek tidak bergeser jauh.

Perhitungan kalender Tiongkok sama dengan perhitungan kalender barat,
tapi ada perbedaannya yaitu penggenapan perbedaan 1/4 hari pertahun
digenapi dengan bulan kabisat sejumlah 7 buah selama 19 tahun.

Dongzhi dan xia zhi adalah salah satu patokan perhitungan kalender
Tiongkok dengan garis edar matahari.

Coba anda cari arsip di milist ini mengenai sistem kalender Tiongkok.

Dan mohon anda jelaskan bagaimana cara kerja kalender lunar ala
Tiongkok kepada saya atau rekan-rekan lain.
Mungkin saya salah dan anda benar dalam menilai kalender Tiongkok
adalah kalender lunar.

Hormat saya,

Xuan Tong

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "feifei_fairy"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Silahkan anda pake paham lunisolar, yang pasti makna perayaan imlek apa
> bukan penggantian musim dingin ke musim semi?
>
> Tolong ini jawab dulu........menurut anda sendiri bagaimana
>
> 2559 memakai perhitungan kelahiran buddha sedangkan yang satunya adalah
> kaisar pertama china huang di dan inilah yang dipake china china di
> berbagai belahan benua.
>

> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "perfect_harmony2000"

> baku(sudah
> ,padahal
> [...]