Tambahan dari saya, banyak orang yang beranggapan bahwa dinasti Qing
anti agama Kristen, sebenarnya tidak.

Karena kaisar Qian Long memberi ijin kepada gereja Orthodox untuk
menyebarkan ajarannya bahkan oleh kaisar QianLong, satu kelenteng Wu
Miao dirubah menjadi gereja Orthodox untuk umat gereja Orthodox beribadat.

Yang menjadi permasalahan adalah sikap beberapa oknum Kristiani yang
tidak mau menghormati budaya orang Tionghoa terutama cara orang
Tionghoa menghormati leluhurnya, Tuhan dan para tokoh yang berjasa.
Juga cara penyebutan Tuhan yang dianggap melecehkan para kaisar
dinasti Qing, selain itu perlu diingat sejak ribuan tahun yang lalu di
Tiongkok, agama tidak pernah berada diatas kerajaan seperti halnya di
Eropa. Dan orang Tiongkok tidak akan mau mengakui satu lembaga
keagamaan yang berada diatas negara.

Kita perlu ingat masing-masing bangsa memiliki caranya masing-masing.
Akidah agama apapun, tidak akan terlepas dari budaya di agama tersebut
berkembang, bahkan tradisi agama yang melekat juga tidak akan luput
dari budaya suatu negara yang mempengaruhi agama tersebut.

Sebagai contoh adalah perayaan Natal, Valentine itu jelas-jelas
pengaruh dari budaya Romawi.
Contoh diatas yang saya tulis tidaklah bertujuan memicu perang agama
di milist ini tapi lebih bertujuan agar kita bisa saling memahami.

Jangan memakai kacamata kuda dalam menilai suatu budaya, terutama
budaya yang dimiliki oleh orang Tionghoa itu sendiri.

Jika orang barat mengatakan "Say it with flowers" maka orang Tionghoa
akan mengatakan "Say it with foods".
Karena itu dalam acara pemakaman, ada yang menggunakan bunga dan ada
yang mengunakan makanan.

Orang Eropa terpengaruh kata-kata Shakespeare,"Apa arti sebuah nama,
mawar tetap harum." Orang Tionghoa yang dalam perkembangan sejarahnya
dipengaruhi filsafat Penamaan atau Mingjia menekankan pentingnya nama
sebagai suatu identitas diri juga untuk pengelompokkan jenis-jenis
binatang, tumbuhan dan sebagainya.

Hormat saya,

Xuan Tong

Kirim email ke