Agung heng: " menurut saya pribadi itu sebabnya hal2 ttg agama
terutama yg bergesekan dengan budaya tionghoa harus
dibahas.."

Begitulah. Ini tak terhindarkan, karena budaya itu muncul sebagai
sebuah kesatuan yang menyentuh seni, kepercayaan, tradisi, way of
life. Seni musik, seni pentas, seni lukis, seni bangunan..

Ambil saja, budaya Bali, yang mencakup tari Bali, gamelan Bali,
lukisan Bali, seni arca bali, pembakaran mayat, persembahan di pura,
dst, adalah suatu kesatuan. Oh ya, bahasa Bali. Di tengah kesemuanya
adalah kepercayaan di Bali, yakni Hindu Bali, yang merupakan akar
daripada semua manifestasi budaya Bali.

Falsaafah Bali yang menggambarkan dunia mikrokosmos dan makrokosmos
mereka, diterangkan secara cpmprehensive dalam kepercayaan mereka,
bukan dalam kepercayaan lain, yang mungkin datang ke Bali dikemudian
hari.

Demikian pula dengan pembahasan dan pembelajaran budaya Tionghoa,
budaya Jepang, budaya India, budaya Jawa, dll.

Take it or leave it.

Salam budaya

Danardono

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, agung setiawan
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> yup. setuju. seharusnya ini milis hanya membahas
> budaya tionghoa saja tidak bahas agama2. tp yg jadi
> masalah adalah, budaya tionghoa itu terbentuk dari
> "agama" macam KHC n TAO yg diindo sini dianggap agama.
> belon lagi berbagai macam berbagai maca hujatan
> terhadap budaya tionghoa yg di jalankan oleh agama2
> tadi. jika org2 disini yg tau sisi benar n kebenaran
> dari berbagai macam hujatan n " kampanye item" yg
> dilancarkan oleh mereka tetapi tidak menjelaskan
> disini makanya org2 yg tidak mengerti n tidak punya
> pengetahuan ttg budaya tionghoa macam saya ini akan
> [...]

Kirim email ke