Mang Ucup nyang bae....:-)
Yang namanya garam, dari sono-nya udah asin....en yang namanya gula juga
dari sono-nya manis....nah, kalo jadi gado-gado apa garam jadi manis en
gula jadi asin?....ya enggak 'kan? Justru karena gula en garam
'bekerjasama' maka gado-gado jadi nikmat!.....idealnya, begitu juga dengan
umat manusia, mang....tapi manusia bukan garam ato gula....karena manusia
punya 'kuasa' berupa 'kehendak'.....cuma saja amat sangat disayangkan
manusia ini gak luput...meski pun kulitnya putih, kuning item, ato merah
sekali pun....yaitu punya 'hobi' menyenangkan egonya....ego diri ato pun
ego kelompok....mang Ucup bangga dengan ke-tionghoa-an mang Ucup, silakan!
Bangga sebagai warga Indonesia? Monggo! Mungkin 'baik' karena 'ingat
budi'....budi kepada leluhur dari mana kita bersumber....dan ingat budi
kepada 'tanah' dimana kita dibesarkan en dipeliharakan.....hanya saja
jangan di'provokasi'kan....mang Ucup jadi provokator dong!.....kriminal
namanya!:-)

Permasalahannya sih tetap itu ke itu juga.....'satu jalan dipake
rame-rame'....aturan udah ada....kita boleh taat aturan, tapi kalo ada
yang nyelonong? Gak urung 'tabrakan' juga, iya gak?.....maafkan aza
lah....tokh 'maaf' itu gak perlu beli, bukan?....tapi dilupakan? Ya,
jangan lah! Masa kudu 'ditabrak' berkali-kali dulu baru 'pinter'?.....hobi
kaleee....:-) Apakah Indonesia 'boleh' melupakan kalo pernah 'dijajah'
Londo? Ya, enggaklah karena itu sejarah....tapi apa kudu 'sakit hati' sama
Londo karena pernah 'dijahatin'? Ya, enggak juga lah....bukankah itu masa
lalu....dalam lingkup inilah yang dikatakan 'yang terpenting adalah masa
kini'!....apa yang sebaiknya kita lakukan demi 'kepentingan bersama'
bangsa Indonesia saat ini en di masa depan.....Kalo ambil dari kisah
Mahabarata sih ini yang 'membedakan Kresna dengan Sengkuni....keduanya
sama lihay en liciknya...tapi Kresna 'menggunakan' potensinya demi
kesejahteraan bersama sementara Sengkuni memakai potensinya demi
'kenyamanan diri en kelompoknya'!.....dan ini seperti halnya Gak Hui dan
Cin Kwee, bukan?.....antara menteri setia dengan menteri dorna, kalo di
cerita-cerita Tionghoa klasik.....dan justru karena ada 'pertentangan' yin
dan yang maka kegiatan manusia jadi 'hidup en dinamis'.....gak aneh 'kan
kalo ajaran Lao-tze mengarah ke Wu Wei....sementara Khong Hucu menekankan
jin-gie-lee-te-sin......perikemanusiaan-budi luhur-tatakrama-semangat...
untuk mencapai pembaharuan(?).....hehehe...saya juga kurang ngerti, mang!
Mohon rekan yang lebih pakar untuk menjelaskan, please!....yang penting
mang Ucup gak perlu pesimis....tetap bersemangat, ok?:-)

salam damai,
tda

Kirim email ke