Kalau anda memang "Telmi", sini saya jelaskan:

1. Dalam setiap peristiwa kerusuhan, jika ada satu orang mempelopori
melempar batu ke rumah orang Tionghoa sembari meriak yel2 anti Cina, massa
akan mudah terpancing ikut2an melempar batu. anda mengatakan ini hanya
karena sifat latah manusia, tak ada unsur rasialis.

2. Untuk menguji logika anda, saya terpaksa berAnalogi (sekali lagi, harap
pahami arti Analogi, ini tak sama dng berkhayal), Analogi nya begini: Ada
satu orang yang mempelopori melempar batu ke rumah Pak Haji yang Pribumi dng
yel2 anti Islam dan Pribumi , apakah massa sekitar yang memiliki identitas
agama dan etnis yang sama dengan Pak Haji akan juga mudah terpancing ikut2an
melempar batu??? saya kira tidak, saya kira yang dilempari batu malah si
provokatornya!

Dengan cara berlogika seperti diatas, kesimpulannya jelas:  Massa yang mudah
terpancing bukan sekedar sifat latah manusia, melainkan karena sudah ada
bibit2 kebencian rasial  yang terpendam dalam diri mereka, dengan sedikit
hasutan, mereka akan dengan mudah terprovokasi.

Cukup Jelas?

Salam Logika