-----Original Message-----
From: budaya_tionghua@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Hendri Irawan
Sent: Saturday, May 31, 2008 11:00 PM
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Subject: [budaya_tionghua] Re: Positioning Etnis Tionghoa-Indonesia
dalam Hubungannya dengan Tiongkok

Mengutip dari yang di bawah:

[3] `Kebudayaan Cina' yang dimaksud di sini juga lebih mengacu kepada
kebudayaan asal yang dibawa oleh berbagai suku bangsa yang datang ke
Nusantara, seperti suku Hokkian, suku Khe atau Hakka, Hokcia, Hokciu
dan Teociu. Dalam hal ini tidak bisa disebut sebagai `kebudayaan
Tionghoa', karena secara historis dan antropologis yang bisa disebut
sebagai kebudayaan Tionghoa adalah hasil akulturasi kebudayaan yang
dibawa dari negeri Cina dengan kebudayaan setempat.

Komentar saya:

Pertama apakah ini pembahasan dalam lingkup politik atau lingkup
budaya ? Karena banyak yang tidak bisa membedakan dan mencampuradukkan
keduanya. Setelah saya baca, salah satu kesan saya adalah adanya
ketakutan akan diidentifikasikan sama dengan negara Cina terutama
dalam bidang politik. Apakah sang penulis tidak melihat satu
alternatif lain bahwa budaya dan politik bukanlah suatu hal yang harus
dipertentangkan ?

Satu saran saya buat yang menyetujui pola pikir seperti diatas. Buang
suku kata "TIONG" dalam Tionghoa. Karena Tiong itu mengacu ke Tiongkok
yang sangat ditakuti. Sebaiknya pakai saja "orang Hua Indonesia" atau
kalau mau lebih keren pakai "inhoa" (minnan) / "yinhua" (pinyin).

Kalau pendapat "kebudayaan Tionghoa" dibilang mengacu khusus ke
Indonesia, maka ini benar-benar mencoba membatasi budaya dengan garis
politik. Atau sekalian saja langsung bilang ke orang-orang di Cina
sono, hoi anda-anda tidak berhak pakai "Zhonghua Wenhua", karena
Zhonghua / Tionghoa itu khusus buat kami-kami di Indonesia.

Dewasa ini saya melihat banyak sekali ahli-ahli bidang lain yang
mencoba masuk ke khazanah budaya Tionghoa tetapi tidak pernah berusaha
mencari lebih lanjut mengenai kebenaran teorinya. Hipotesis saya
adalah karena mereka dibatasi oleh bahasa. Kalau saja yang menulis
tahu arti kata Tionghoa, barangkali pendapat seperti di atas tidak
akan pernah keluar.

Memang kebudayaan kita di sini sudah pasti berbeda dengan di Cina
sana. Bahkan di Cina sana sendiri, setiap daerah juga budayanya
berbeda. Akan tetapi bagaimana pun berbedanya, konsep inti pemikiran
dan filosofinya tetap bisa ditelusuri ke hulu yang sama. Karena itulah
yang kemudian mendasari bentuk-bentuk konkrit budaya yang timbul.
Kecuali seseorang itu sudah sama sekali tidak tahu akan pemikiran dan
filosofi "Tionghoa".

Jadi bisakah kita semua membedakan antara berbudaya Tionghoa dengan
haluan politik pro Cina ?

Hormat saya,

Yongde

Checked by AVG.