Wah, baru sebentar tidak membuka milis, topiknya ternyata sudah bergeser jauh.

Ehm. Kalau saya baca baik-baik, keliatannya dua locianpwee di bawah ini
sama-sama tidak setuju dengan segala macam "neo" pao an tui yah (Silakan
diklarifikasi bila salah). Tapi kok, kelihatan nya seperti sedang saling
melempar jurus-jurus. Atau ini bagian dari drama-drama yang sudah di-set ? Atau
saya yang terlalu sensitive ? Hehe.

Anyway, memang benar bahwa system untuk "menjamin" keamanan dan keselamatan
bagi warganegara perlu terus-menerus diperhatikan dan ditingkatkan. Tapi, tidak
perlu kemudian, dilakukan terpisah-pisah oleh masing-masing kelompok
masyarakat, karena synergy yang seharusnya bisa dihasilkan malah akan hilang.

Jadi, memang lebih baik segala resources dikoordinasikan bersama saja melalui
bentuk-bentuk system pertahanan/keamanan negara yang sudah (dan akan)
disepakati. Yang punya uang, silakan ikuti aturan mainnya untuk ikut
ber-kontribusi. Yang punya otot, silakan juga ikut lewat pintu-pintu yang sudah
disediakan. Yang punya pemikiran, silakan ikut bergabung dengan think-tank.
Begitu saja khan ? :)

So, kalau ada wacana yang ngaco yah tinggal sama-sama dibenerin aja lah
(walaupun mungkin lewat cara yang berbeda. Toch, tidak semua isi kepala orang
itu sama, khan ?)

Prometheus