From: als <[EMAIL PROTECTED]>
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 8 October, 2008 11:48:50 PM
Subject: RE: [budaya_tionghua] Re: Ajaran Budaya Tionghua tentang memaafkan..

Saya juga mohon maaf karena menjawab pertanyaan Sdr. San Liong di forum
terbuka. Apapun jawaban Pak Pendeta Tan lewat japri, paling tidak jawaban saya
ini bisa menjadi penyeimbang. Anda sendirilah yang akhirnya mengambil
keputusan. Para petinggi agama atau anak-buahnya biasanya memainkan rasa takut,
rasa bersalah, dan iming-iming para calon ‘korban’nya. Orang-orang yang rasa
percaya dirinya kurang biasanya menjadi korban yang sangat empuk. Orang-orang
yang tidak biasa berpikir kritis biasanya juga gampang menjadi korban.
Orang-orang yang paling gampang jadi “domba’ adalah orang-orang yang memang
sejak kecilnya telah ‘terkondisi’ oleh keKristenan, dan orang-orang seperti ini
tentu saja gampang sekali di”manipulasi.” Bacalah Alkitab (Old and New
Testaments) dengan seksama secara kritis (pake otak hahahahaha) dan simaklah
sejarah Kristen/Katholik/ Gereja dengan pikiran netral, zaman sudah terbuka
begini, tidak ada kebusukan dan kekejian yang
 bisa ditutup-tutupi lagi. Bacalah motif/dorongan tindakan orang dengan teliti.
Amatilah kepentingan apa yang hendak mereka raih dan mungkin disembunyikan dari
Anda. Pokoknya jangan memakai jalur “percaya” atau “tidak percaya” tapi
selidikilah dengan cermat.  Kalau ada waktu, pelajarilah isi websites yang
ditulis oleh orang-orang ex-Kristen (yang pasti sering dihujat oleh pak pendeta
dkk.) Bila semua ‘anjuran’ saya ini telah Anda lakukan dan Anda masih belum
bisa memutuskan jalan hidup Anda sendiri dan masih bingung juga. Ya tanya
lagilah kepada forum. Petromaks masih banyak di sini! J

Salam pencerahan,
als