Sebenarnya di TIongkok sana, sudah ada suara desakan agar pimpinan Tiongkok
secara resmi mengajukan pada PBB untuk menyebutkan negara dengan Zhong Guo,
tidak lagi dengan China. Karena sebutan Tiongkok itu ucapan dari lafat Hokkian
yang sebetulnya juga tidak layak digunakan didunia internasional. Itulah sebab,
seperti yang diakatakan mbak Edith didunia ini sudah tidak ada negara TIongkok.
Karena memang sebutan TIongkok hanya lazim digunakan di Indonesia. Tapi juga
patut diketahui, China atau Cina yang dalam bhs. TIonghoanya dibunyikan Zhi Na,
itu betul-betul sebutan penghinaan pada orang Tiongkok, yang absolut tidak bisa
diterima.

Nampaknya, Tiongkok mengajukan perubahan tidak hendak secara tiba-tiba. Lebih
suka dengan setapak-demi setapak. Misalnya dimulai dari sebutan Peking, ibukota
TIongkok itu sudah dirubah menjadi Bei Jing. Juga nama-nama kota lain, seperti
Kanton yang kita kenal dahulu sudah berubah menjadi Guang Zhou. Perlahan-lahan
dunia mengenai itulah sebutan ejaan bhs. Tionghoa. Biar tidak berubah menjadi
ejaan lain dalam bhs. manapun. Bahkan katanya dalam bahasa Rusia, sebutan
Tiongkok, juga bukan China, tapi Kitan? Tapi, entah kenapa sampai hari ini
belum juga diajukan penggunaan Zhong Guo. Ya, sabar saja, tak usah buru-buru.
Takan lari gunung dikejar.

Karena bagaimanapun juga penamaan satu negara dan bangsa, sepenuhnya adalah hak
negara dan bangsa itu sendiri, negara lain yang bersahabat tentu hanya bisa
menerima dan menghormati kehendaknya.

Salam,
ChanCT