Halo apa kabar..

Wah.. panjang sekali..

Setelah saya baca-baca di postingan sebelumnya, terkesan bahwa kata "cina"
muncul sewaktu perang dunia satu, oleh Jepang.. dan sebelumnya oleh bangsa
Eropa saat perang opium (kalau tidak salah). Lalu di postingan sebelumnya
terkesan bahwa sejak jaman kerajaan di Jawa, kata "cina" sudah dipakai, mengacu
ke dinasti Qin?

Saya nonton film Hero, dan keren banget filmnya.. Seingat saya umur dinasti Qin
tidak begitu panjang, tapi sangat menentukan pemersatuan, apakah hal ini yang
menyebabkan kata "China"? dan saya juga ingat kalau china dalam bahasa inggris
itu artinya guci/tempayan dari Tingkok. china sebagai guci ini dibacanya china
atau chaina? atau sebenarnya kata China ini bukan dari bahasa inggrs, karena kl
menurut lafal inggris, China, dibaca tidak seperti Qin. Sedangkan kata Sino
berasal dari kata latin untuk Cina, dan ini sering sy lihat di artikel-artikel
bahasa (Sino-Tibetan, Sino-Japanese, dll). maaf kalau saya mungkin malah
membuka topik lama yang udah dibahas. Sekedar mencurahkan kebingungan dan
opini..

terimakasih
-hendry gu tian you