Iya mas Chan.

Di negeri Walanda, kita masih sering disebut Indie. Resto Indonesia,
indisch restaurant. Kita tentu saja ogah disebut Hindia, yang bener
aja. Tetapi Indonesia. Nah, kalau Tiongkok kelak resmi bernama Zhong
Guo, mengapa tidak?

Masakan kita, sahabat sahabat Tiongkok mau memaksakan China?

Kalau ada putra putri Tionghoa mendambakan dipanggil "Cina" ya
monggo, namun, kita yang Non Tionghoa, yang sadar, bahwa ini
seringkali bernuansa konyol, mau memaksakannya?

Ikut ikut konyol dong?

Salam

Danardono

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ChanCT" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sebenarnya di TIongkok sana, sudah ada suara desakan agar pimpinan
Tiongkok secara resmi mengajukan pada PBB untuk menyebutkan negara
dengan Zhong Guo, tidak lagi dengan China. Karena sebutan Tiongkok
itu ucapan dari lafat Hokkian yang sebetulnya juga tidak layak
digunakan didunia internasional. Itulah sebab, seperti yang
diakatakan mbak Edith didunia ini sudah tidak ada negara TIongkok.
Karena memang sebutan TIongkok hanya lazim digunakan di Indonesia.
Tapi juga patut diketahui, China atau Cina yang dalam bhs.
TIonghoanya dibunyikan Zhi Na, itu betul-betul sebutan penghinaan
pada orang Tiongkok, yang absolut tidak bisa diterima.

> Nampaknya, Tiongkok mengajukan perubahan tidak hendak secara tiba-
tiba. Lebih suka dengan setapak-demi setapak. Misalnya dimulai dari
sebutan Peking, ibukota TIongkok itu sudah dirubah menjadi Bei Jing.
Juga nama-nama kota lain, seperti Kanton yang kita kenal dahulu sudah
berubah menjadi Guang Zhou. Perlahan-lahan dunia mengenai itulah
sebutan ejaan bhs. Tionghoa. Biar tidak berubah menjadi ejaan lain
dalam bhs. manapun. Bahkan katanya dalam bahasa Rusia, sebutan
Tiongkok, juga bukan China, tapi Kitan? Tapi, entah kenapa sampai
hari ini belum juga diajukan penggunaan Zhong Guo. Ya, sabar saja,
tak usah buru-buru. Takan lari gunung dikejar.

> Karena bagaimanapun juga penamaan satu negara dan bangsa,
sepenuhnya adalah hak negara dan bangsa itu sendiri, negara lain yang
bersahabat tentu hanya bisa menerima dan menghormati kehendaknya.

> Salam,
> ChanCT

Tiongkok
>   ada di zaman Negeri berperang. dimana wilayah Bumi tengah yang
>   berpusat sekitar He Nan, merupakan pusat kekuasaan dan budaya
Dinasti
>   Zhou , "negara bagian" yang wilayahnya di luar bumi tengah,
termasuk
>   negeri Qin yang ada di barat,dan negeri Chu yang di barat
>   daya, sering dianggap negeri pinggiran yang kurang beradab, tapi
>   negeri Qin yang dianggap pinggiran akhinya malah mempersatukan
>   Tiongkok. setelah berdirinya Dinasti Qin, yang wilayah
kekuasaannya

http://iccsg.wordpress.com :.