doeloe ngkong XT pernah nulis dimilist ini kalu ada benturan budaya
antara barat dan timur ( budaya kristen ame budaya tionghoa), soalne
mrk gak mau memahami apa pikiran org tionghoa dan budayanya, semua
dipandang dari sudut pandang mrk itu.

permasalahan timbul, benturan2 gila2an terjadi yg lebih parah
dibanding waktu agama buddha masuk. yg menonjol kasus rites of
controversynya katolik sampe di tahun 1930an dicabut pelarangan itu
oleh Vatican.

esbagai contoh hal2 yg masih ada itu kasus meja sembayang yg mesti
dibuang or dianggap setan.

coba kita liat dari sudut pandang org tionghoa dulu, apa bener itu
setan yg ada dimeja sembayang ?

wong Kong Zi jg bilangnya gini perlakukanlah mrk seolah2 masih hidup.
Itu kata seolah2, so kita jadi anggap mrk ada diantara kita, but bukan
berarti udah ada.
Wong org2 Ru jg percaya kalu org mati ya yg hun terbang ke asalnya
dilangit dan po kembali jg masuk bumi.
But praktek penghormatan itu tetep dilakukan dgn berbagai macam
pernik2nya.

Kayak si tuyul uly yg bakarin baju buat ngkongnya huhehehehehehe, ya
itu khan seolah2 memperlakukan masih hidup, bukan berarti ngkongnya
gak ada baju di alam sono khan huehehehehehehehehehe
tapi mbuh ya , gw jg gak tau bener ada baju ape kagak, soale gw belon
mati seh.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ardian_c" <ardia...@...> wrote:

> Bagi Kong Zi yg namanya Tian far beyond dari kita punya pemahaman,
> contoh laennya di DDJ bab 1. Filsuf2 Tiongkok jaman dulu gak peduli
> itu Tian ada model kayak gajah, superman, cewe or cowo. EGP kasarnya.
>
> But mrk rata2 percaya kalu wujud Tian yg paling deket itu ada di ortu
> kita, so mrk menekankan pentingnya menghormati ortu, bahkan termasuk
> org Legalist sekalipun.
> Dgn menghormati ortu jg setelah meninggalnya mrk, dgn tradisi Tionghoa
> itu kita sudah menghormati Tian. Jadi jgn lantas beranggapan kalu org
> Tionghoa itu penyembah arwah, setan , org mati segala macem.

> [...]

Kirim email ke