selain urusan pelayat jg ada urusan anak pertama yg jadi pemimpin
upacara 祭主.

Nah selaen itungan dari taon itu jg ada yg diitung dari tgl kematian,
biasanya dr tgl kematian itu diitung taon kelahiran yg kena, jd kalu
anak pertama itu kena, diganti ama anak ke2.
itung2annya geser2 kekiri6 9 9 kekanan 9 9 9 kalu gak salah inget lho.
jg dipapan pengumuman kadang ditulis 6 thn kelahiran yg kena
berdasarkan tgl kematian dan yg jadi patokan 6 thn kelahiran
berdasarkan thn yg berlaku sekarang.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Jen Ku Luk <jenku...@...> wrote:

> Salam sejahtera semuanya.
> Sedikit input aja masalah pemakaian hio di rumah duka. Begini
lho,setiap orang mempunyai sangsiao (tahun,bulan & tanggal lahir) yg
berbeda. Pemakaian hio atau tidak pada saat seseorang meninggal
dunia,dilihat sangsiaonya & dicocokkan dengan tahun,bulan,tanggal &
jamnya pada saat meninggal.
> Ada satu sesin yg istimewa yg menyebabkan pada saat itu tidak boleh
menggunakan asap hio disekitar jenazahnya. Ada pula satu sesin lagi yg
biasa yg pada umumnya menggunakan asap hio.
> Apabila pada sesin yg istimewa ini dipaksain juga menggunakan
hio,akan berefek pada keturunannya atau saudara-saudaranya,bahkan
kadangkala bisa menimpa pada kerabat-kerabat yg melayat kesana.
> Itulah sebabnya mengapa sering terjadi yg diluar alam pikiran
kita,apabila ada yg meninggal,kadang-kadang ada anggota keluarganya yg
sakit mendadak walaupun tidak lagi berada disekitar rumah duka,sebut
saja yg berada diluar negeri,tetap bisa kena efeknya.
> Efek yg paling bahaya adalah,sering juga terjadi,sebelum melewati
Xin Cia tahun depan,akan ada 2 anggota keluarga yg meninggal juga.
> Bukan hanya anggota keluarga yg meninggal tsb yg kena dampaknya
tetapi ada kemungkinan menimpa bagi yg melayat kesana,bahkan
keluarganya dirumah yg sama sekali tidak melayat pada saat itu. Bagi
orang Khek,sering terdengar istilah "Fam To Phak Se".
> Keterangan saya tsb diatas bukan untuk menakut-nakuti teman-teman
untuk pergi melayat tapi ini untuk pencegahan aja.
> Tenang aja,segala sesuatu didunia ini selalu ada pencegahannya. Saya
menyarankan jika ingin melayat sebaiknya mengantongi jahe/kunyit dari
rumah. Pulang dari melayat,jahe/kunyit itu dibuang ke perempatan jalan
sebelum sampai atau masuk rumah.
> Apabila sampai lupa bawa,ditempat pelayatan itu ambillah kartu tanda
terima kasih. Saat pulang sebelum sampai atau masuk rumah,buanglah
kartu itu di perempatan jalan. Ingat lho,sebenarnya bukan kartu tanda
ucapan terima kasih itu yg penting tetapi benang merah yg terikat di
kartu tsb.
> Khusus bagi bapak-bapak yg mempunyai bayi dirumah,selain anjuran
saya tsb diatas,kalau pulang dari melayat,sudah masuk dalam rumah
sebaiknya cuci wajah,tangan & kaki,atau lebih baik mandi lagi terlebih
dahulu sebelum masuk kamar tidur. Ini untuk menghindari supaya bayi
tidak nangis mendadak tengah malam. Akhirnya yg repot siapa tuh?
> Okey dech,sedikit penjelasan saya ini. Bagi ada yg kurang jelas
silahkan layangkan pertanyaan via email ini.
> [...]
>

> Yang penting adalah yang hidup. Lu dateng melayat, apa perlukan
> ketemu sama si mati? Tujuannya khan memberi penghormatan terakhir,
> dan terUTAMA memberi penghormatan dan penghiburan kepada keluarga
> yang kehilangan.
> jadi pake hio atau tidak mah gak penting, weeekk (lidah gue lebih
> panjang, nggak tahu gue pernah punya jejuluk tiangci siocia?)

> Disediain hio malah ga pake hio, yg laen tempat org mau pake hio
> malah ga dipakein hio. Jadi sebenernya dateng buat hormat ke yg mati
> apa yg mati disuruh maklum ke yg hidup. Weks ( julurin lidah ke tape

Membuat tempat chat pribadi di blog Anda sekarang sangatlah mudah.
http://id.messenger.yahoo.com/pingbox/