doeloe owe pernah ngobrol2 soal cengbeng ama sekelompok anak2
buddhist, yg mana ada yg bingung urusan kok yg mati dikasih makan.

ada yg tanya ame owe, emangnya yg mati dikasih makan itu dimakan ?
lha gw tanya balik, emangnya kalu lu baca paritta or doa or org nyanyi
puji2an didenger ?
Ada yg bisa kasih bukti gak kalu kita memuji tuhan kek dewa kek setan
kek pake puji2an mo pake gitar kek pake bokhi kek apa didenger ?
owe gak isa kasih bukti kalu itu makanan dimakan jg mrk gak isa kasih
bukti semua pujian didenger.

owe tjoema kasih satu hal, kalu makanan yg dikasih itu dimakan ape
kagak owe gak tau but at least yg makan itu org idup or sesial2nya yg
makan itu binatang.
lha tabur bunga itu yg ngerasain sape ? khan gak ada jg lagian itu
tabur bunga ape berguna buat yg idup ? mubazir gak kalu dibuang2 itu
bunga ? mendingan mana kasih bunga or kasih makanan ?
ya kecuali lu mo makan itu bunga ga papa hehehehehehehehehe

akhirnya yg nanya manggut2 diem, gak tau manggut diem ngerti or kagak.
manggut nerima or manggut bilang sialan huehehehehehehehe

CARA MENGHORMATI KEPADA YG MENINGGAL BERBAGAI RAGAM CARA, BUDAYA
TIONGHOA MEMILIKI CARANYA SENDIRI.
itu aja yg gw sampein ame mereka walau sebelonnya digedor ame tripilar
ame trimakna budaya tionghoa huehehehehhehehehe

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, agoeng_...@... wrote:

> Heheh barusan balik dr rumah duka ada sodara meninggal n baca topik
ini kok kayaknya nyambung banget yah, cuma heran n penasaran serta
cengar cengir sendiri pas td kepikiran, ga ada maksud sara yah.
> Sdr yg meninggal itu pake upacara kematian tradisi n budaya tionghoa
( setau g anaknya buddhis tp ga tau alirn apa n td ada pake caima n ga
keliatan bikhu, so g ga brani spekulasi agama dia apa) so klo upacara
begitu kan otomatis ada hiolo n sedia hio buat yg dateng kasih hormat,
nah td g duduk ga jauh dari sono, sambil bengong liatin kearah altar n
hiolo, trus liatin org2 yang dateng n kasih hormat. Tp kok rasanya ada
yg aneh n lucu. Yg dateng kan dr berbagai latar belakang, yg buddis
dkk kasih hormat pake hio, sedang yg laen nolak hio pas dikasih n
cukup berdoa n kadang2 bungkuk 3 kali doank. Nah setelah g perhatiin n
pikir2 itu sebenernya org yg dateng kasih hormat ke yg meninggal apa
yg meninggal yg disuruh kasih hormat ke yg melayat. Napa begitu? Lha
dah jelas yg meninggal itu pasang hiolo n artinya jelas dia itu
gimana, napa kok yg dateng ga mau hormat ke dia pake cara dia untuk
terakhir kalinya malah dia dipaksa nerima cara hormat yg melayat. N
makin dipikir makin aneh n bikin g senyum2 sendiri, eh kebetulan pula
ada yg bahas topik kubur n meninggal. Hehehe
> Btw org mininggal dikubur megah dll itu ada 2 cara pandang lho, yg
positif yah udah meninggal aja masih dihormati sammpe seperti itu,
apalagi waktu masih hidup. Pasti jauh lebih baik. Trus yg kebalikan
yah yg seperti biasa digunakan buat slogan2 iklan " dah meninggal kok
baru diurus, waktu hidup donk diurus yg bener, or udah meninggal masih
hrs hambur2 uang, mending tuh uang pake buat bahagiain dia waktu idup"
heheheheh emangnya yg ngomong itu tau tuh meninggal bahagia apa ga
waktu hidup. Hehehehe

besar-besaran dan
> matinya
Lookay