Silahkan baca kembali tulisan saya -- Pasukan kerajaan Han - sewaktu jaman
Siung Nu empire - selalu kalah perang - oleh karena persenjataan dari pasukan
Siung Nu jauh lebih bagus bajanya dan jangan lupa Han pasukan kudanya belum ada
- baru pada achir dynasty mereka kenal pasukan kuda [ Ma Ping]
Oleh karena itu Han Wu Ti kirim kepercayaannya Zhang Xian kebarat - kedaerah
Persia - melalui Uzbekistan utk mendapat rahasia bikin senjata dari kerajaan
Mesopotamia. Han Wu Tie tidak pernah mengalahkan Siung Nu Empire. Sebaliknya
Siung Nu juga tidak masuk Han dynasti. Ini memang kemudian dijadikan jalan
sutra utara.
Yuan Yuan empire yg menyusul Siung Nu empire juga tidak dikalahkan oleh pasukan
suku Han dari China - Wei dynasty   Baru jaman Tang pasukan suku Han dpt menang
dari suku padang pasir yg waktu itu sudah manjadai Goturk dynasty. Tetapi Tang
hanya dpt menang dibagian timur dan dibagian selatan dari Go-turk empire
Hun  diusir dari padang rumput central China jaman Yuan-yuan Khaganate jauh
sebelum Tang sanggup perang melawan suku² padang pasir. Waktu Nirun Khaganate
ini suku Siung Nu kerajaannya masih ada sisanya dan disebut Yuehban kingdom dan
letaknya dilaut Aral   Disebelah baratnya ada Magyar yg menguasai Ural
timur. dan kemudian disebelah barat  Ural   baru ada suku² Hun.
Sewaktu jaman jayanya Siung Nu empire menguasai daerah yg sekarang kita kenal
sebagai Mongolia dan Inner Mongolia  dan suku Magyar ada disebelah utara
Mongolia. Jadi yg mengusir adalah suku padang rumput sendiri

Sewaktu Uyghur Empire dan jaman jayanya Tang  Di sebelah barat dari Ural
keadaan terkenal sebagai perang suku padang rumput Asia dan suku kulit putih
europah
Terkenal sebagai perang suku² Avar, Bulgar, Magyar dan Khazars
Disebelah selatan tempat keributan berada Byzantine empire dan disebelh barat
dari mereka berada German empire.[jaman Charlemagne]
Suku Arab dari Abbasid Califate berada dibawah Byzantine empire.

Empire Tang waktu itu hanya menguasai bagian china disebelah timur dari
Innermongolia dan TungPei dan sebelah timur dari Empire Tibet sampai Vietnam
utara / Champa  tetapi Yunan yg waktu itu adalah NanZhao kingdom tidak
termasuk. Sinkiang sudah diambil kembali oleh Uyrghur empire.
Daerah kekuasaan Uyrghur empire adalah 3x daerah Tang sebab mulai dari laut
Aral sampai Tungpei daerah Yurchen -Chin empire. Jadi waktu ini juga Tang tidak
mungkin mengusir suku Hun yg waktu jaman itu sudah berubah menjadi suku
Avar Magyar, Bulgar dan Khazar.
Jadi tulisan Harvey sudah ketinggalan jaman dan mungkin hanya berdasarkan
berita dari China bukan berdasarkan real history.  Suku Han tidak pernah
menguasai daerah padang rumput.
Ini adalah monopoli dari suku² padang rumput sendiri. Memang utk sejarah china
semua yg berada dipadang pasir adalah suku Siung Nu  dan oleh karena Tang
empire pernah menang melawan Goturk empire se-olah2 suku Han menang dan
mengusir suku SiungNu  Ini mungkin chauvinisme China.
Memang ini semua bangsa Turkic dan bahasanya semua sama - bah. Altai dan
tulisan Uyrghur empire diambil oleh Yuan dynasti dari Gengis Khan dan kemudian
oleh Qing - jadi memang se-olah2 semua sama.--- Siung Nu - tetapi silahkan
check dibuku2 sejarah Russia pasti pikiran akan berubah.

Andreas