Menurut pakar iklim DR. James Hansen, Director of Nasa
Goddard Institute for Space Studies, USA ; “ Hampir semua Es di Kutub
Utara akan lenyap pada Akhir Musim Panas 2012.”

Baru-baru ini sebuah fenomena alam kembali menunjukkan
betapa seriusnya kondisi ini. Pada tanggal 06 Maret 2008, sebuah bongkahan es
seluas 414 kilometer persegi  ( hampir
1.5 kali luas kota Surabaya ) di Antartika runtuh.

Ini merupakan akibat pemanasan global yang perlu kita
cermati dan bagaimana yang akan terjadi pada tahun-tahun berikutnya??

Pemanasan global berdampak langsung mencairnya es di daerah
kutub utara dan selatan. Es di Greenland telah mencair hampir 19 Juta Ton!
Volume es Artik pada musim panas 2007 hanya tinggal setengah dari yang ada 4
tahun sebelumnya.

Mencairnya es di kutub utara dan selatan berdampak langsung
pada naiknya level permukaan air laut ( Grafik disamping menunjukkan hasil
pengukuran level permukaan air laut selama beberapa tahun terakhir ). Para ahli
memperkirakan apabila seluruh Greenland mencair, level permukaan laut akan naik
sampai dengan 7 meter! Cukup untuk
menenggelamkan seluruh pantai, pelabuhan dan dataran rendah di seluruh dunia.

Apabila es di kutub utara dan selatan semua mencair, maka
air laut akan menjadi panas, sehingga metana beku yang tersimpan di dalam
lapisan es akan terlepas ke atmosfer dan cukup untuk membinasakan semua mahluk
hidup di Planet Bumi ini.

Metana beku disebut dengan Methane Hydrates yang
tersimpan dalam bentuk es. Jumlahnya cukup mencengangkan : 3000 kali dari
Metana ( CH4 ) yang saat ini ada di atmosfer. Para ilmuwan memperkirakan bahwa
Antartika menyimpan kurang lebih 400 miliar ton
metana beku, dan gas ini dilepas sedikit demi sedikit ke atmosfer seiring
dengan semakin banyaknya bagian-bagian es di Antartika yang runtuh. Sekali
terpicu, siklus ini akan menghasilkan pemanasan global yang sangat parah
sehingga mungkin dapat disetarakan dengan  KIAMAT!!